Sukses

5 Latihan yang Tak Bikin Ngos-ngosan Saat Puasa

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada alasan untuk tidak olahraga saat sedang puasa. Pastikan saja olahraga dilakukan di waktu yang tepat, dan memilih latihan yang sesuai.

Olahraga yang dilakukan selama bulan puasa apabila dilakukan dengan benar, mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh.

Tenang, banyak kok olahraga yang tidak akan menguras tenaga tapi Anda bisa mendapatkan manfaat sehatnya. Dengan begitu, badan tidak melebar sesudah puasa berakhir.

Berikut adalah jenis-jenis olahraga yang cocok dilakukan saat bulan puasa:

 

2 dari 3 halaman

Jenis-jenis olahraga saat puasa

 1. Joging

Untuk Anda yang hobi lari, mungkin dapat mencoba joging dengan kecepatan yang lebih pelan selama berpuasa ini. Lakukan joging ringan sekitar 20–30 menit. Anda juga dapat menggunakan treadmill dan mengaturnya pada intensitas rendah.

2. Yoga

Yoga selalu menjadi tren di kalangan semua usia, mulai dari remaja hingga usia lanjut. Olahraga ini dipercaya dapat menenangkan serta membuat tubuh makin bugar selama puasa. Selain itu, yoga juga termasuk aktivitas fisik yang tak terlalu berat sehingga bisa menjadi pilihan.

 

3 dari 3 halaman

Olahraga Lain di Bulan Puasa

3. Renang

Renang merupakan olahraga yang digemari banyak orang. Aktivitas fisik ini membakar kalori cukup besar tanpa rasa berkeringat yang membuat Anda tidak nyaman selama puasa. Namun ingat, jangan menelan air saat berenang agar puasa tidak batal.

4. Taici

Jenis olahraga ini juga dapat menjadi pilihan selama berpuasa. Taici merupakan bentuk halus dari bela diri yang mengombinasikan pernapasan dan gerakan seperti tarian. Semua orang bisa mencobanya, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

5. Bersepeda

Selain seru, bersepeda juga bisa menjadi aktivitas fisik yang meditatif sehingga bikin damai dan tenang. Olahraga ini juga dapat membakar kalori dengan efektif. Anda dapat bersepeda selama 30–40 menit saat berpuasa.

Penulis : dr. Theresia Rina Yunita / Klik Dokter