Sukses

Kegiatan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga saat Rayakan Lebaran 2019

Liputan6.com, Jakarta - Dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) hari ini, Rabu (5/6/2019) melakukan salat Idul Fitri di tempat yang berbeda-beda.

Baik itu pasangan capres cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melakukan salat Idul Fitri di tempat yang berbeda.

Seperti misalnya Jokowi, pada Idul Fitri 2019 ini memilih untuk melakukan salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Sedangkan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan salat Idul Fitri di sekitar kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Berikut tempat salat Idul Fitri keempat capres cawapres dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 6 halaman

1. Joko Widodo

Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Id bersama para jamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Jokowi hadir sekitar pukul 06.40 WIB bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan putranya Kaesang Pangarep.

Sementara Iriana memakai gamis berwarna putih. Sedangkan Kaesang mengenakan baju koko putih dengan peci hitam.

Begitu sampai, Jokowi langsung berjalan ke arah muka ruang salat dan mengisi barisan paling depan. Jokowi duduk satu saf bersama pejabat-pejabat lainnya seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, serta beberapa menteri kabinet kerja yang lainnya.

Jokowi terlihat mengenakan setelan jas abu-abu, kemeja putih serta peci hitam. Yang menjadi Imam Rawatib Masjib Istiqlal yaitu Mantan Menteri Agama Said Agil Husin Al Munawar. Selain menjadi Imam Said Agil juga bakal menjadi khatib.

Dari pantaun sekitar pukul 06.30 WIB jemaah dari berbagai daerah terus berdatangan memadati lingkungan masjid. Sementara itu pengamanan di Masjid Istiqlal di perkekatat.

Presiden RI Joko Widodo, beberapa Menteri Kabinet Kerja, ulama, hinga pejabat tinggi negara melaksanakan Salat Id di Masjid Istiqlal. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tampak bersiaga di setiap pintu masuk dan bebera sudut Masjid. Setiap jemaah yang akan masuk diperiksa melalui metal detector.

 

3 dari 6 halaman

2. Ma'ruf Amin

Calon wakil presiden Ma'ruf Amin, hari ini melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Alhuda, Menteng, Jakarta. Dia pun berharap momen hari raya ini persatuan antar anak bangsa kembali terajut.

"Hari ini, kita merayakan Hari Raya Idul Fitri. Semoga kita selalu dilimpahi rezeki. Harapannya saya, kita semua kembali kepada kebaikan, kesatuan, kedamaian. Kita kembali ke asal lagi, terutama kita harus utuh kembali setelah pileg, pilpres yang kemarin agak gaduh, kita selesaikan kembali membangun silaturahmi negara ini," ucap Ma'ruf di lokasi, Rabu (5/6/2019).

Tak lupa, dia juga mengucapkan Lebaran ke rivalnya dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Kita ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mudah-mudahan Allah yang maha kuasa mengampuni dosa-dosa kita, saya, Pak Prabowo, Pak sandi, semua kita diampuni," ungkap Ma'ruf Amin.

Dia pun menegaskan, usai Idul Fitri, pihaknya dengan Prabowo-Sandiaga bisa dipersatukan lagi.

"Kemudian kita dipersatukan lagi. Karena kita membangun bangsa ini lebih penting daripada sekedar menang. Menang kalah sudah biasalah di dalam Pilpres. Oleh karena itu seharusnya kita tidak menjadi bermusuhan, kita saudara sebangsa dan se-Tanah Air, saya ingin membangun hubungan yang lebih baik lagi," jelas Ma'ruf.

 

4 dari 6 halaman

3. Prabowo Subianto

Warga di sekitar kediaman capres nomor urut 02, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor menghadiri salat Idul Fitri 1440 H bersama Ketua Umum Partai Gerindra itu di Masjid Nurul Wathan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para warga mulai berdatangan di Masjid Nurul Wathan yang berada di dalam kawasan kediaman Prabowo sejak pukul 05.30 WIB.

Seperti dikutip dari Antara, para warga datang dengan mengendarai mobil dan sepeda motor dengan membawa perlengkapan salat.

Sementara itu, para jurnalis dilarang meliput kegiatan salat Idul Fitri di Masjid Nurul Wathan tersebut.

Prabowo mengundang para warga sekitar untuk salat Idul Fitri merupakan pertama kali dilakukan karena Masjid Nurul Wathan yang didirikannya itu baru resmi digunakan pada 17 April 2019.

Masjid Nurul Wathan berada di dalam kawasan kediaman Prabowo di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

5 dari 6 halaman

4. Sandiaga Uno

Sandiaga Uno bersama istri, Nur Asia dan ketiga buah hatinya merayakan hari raya Idul Fitri di Boston, Amerika Serikat.

Di hari kemenangan ini, ia menyapa para warganet langsung dari depan Islamic Society of Boston Cultural Center (ISBCC).

"Bismillahirohmanirohim, Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kami dari Boston mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita kembali menjadi manusia yang fitri di hari raya ini," ucap Sandi dalam video yang diunggahnya di akun Instagram pribadi pada 4 Juni 2019.

Sandiaga Uno dan keluarga melaksanakan salat Id di Islamic Society of Boston Cultural Center. Pria berusia 49 tahun ini juga tidak dapat menutupi kebahagiaannya dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta.

"Senang sekali bisa merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga dan juga umat Muslim dari segala penjuru dunia." tambahnya.

Melalui kolom keterangan unggah video tersebut, Sandiaga Uno juga menyampaikan pesan lain. "Insya Allah, seluruh ibadah puasa kita selama satu bulan kemarin diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Semoga hari raya Idul Fitri ini membawa banyak berkah untuk kita semua. Aamiin ya rabbal alamin." tulis Sandi.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Lewat AHY, Jokowi Titipkan Pesan Ini untuk SBY
Artikel Selanjutnya
Mudik ke Solo, Jokowi Saksikan Pembagian Sembako di Graha Saba Buana