Sukses

Istana Ungkap Tujuan Pertemuan Jokowi dan AHY

Setelah bertemu AHY, tidak tertutup kemungkinan Jokowi akan bertemu tokoh politik lain. Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan tujuan pertemuan tertutup Presiden Joko Widodo dengan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 2 Mei 2019 sore. Selain silaturahmi, pertemuan Jokowi dan AHY untuk menurunkan tensi ketegangan politik Pilpres 2019.

"Memang apa pun pertemuan seperti ini untuk menurunkan tensi ketegangan yang ada," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/5).

Selama pertemuan yang berlangsung kurang lebih 30 menit, Jokowi dan AHY juga menyamakan persepsi mengenai tahapan Pilpres. Misalnya menyamakan persepsi hasil quick count sejumlah lembaga survei di Tanah Air.

"Sehingga dengan demikian sekali lagi teman-teman, pertemuan itu dimaknai silaturahmi, untuk menyamakan persepsi, semakin memperkaya pengatahuan kita tentang demokrasi," ucapnya.

Menurut eks wakil ketua DPR ini, setelah bertemu AHY tidak tertutup kemungkinan Jokowi akan bertemu tokoh politik lain. Namun dia enggan menyebut tokoh politik lain yang dimaksud.

"Pokoknya itulah. Namanya politik dinamis. Politik itu sekarang tidak terlalu kaku," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lihat Jauh ke Depan

Hal yang sama disampaikan Wakil Sekjen PPP, Ahmad Baidowi. Dia menilai AHY sebagai komandan di partainya telah melihat jauh ke depan yaitu keutuhan negara dan bangsa. Karena itu AHY tak mau larut dalam ego politik pasca Pemilu.

"Itu menunjukkan bahwa AHY sebagai komandan di Demokrat melihat jauh ke depan yakni keutuhan bangsa dan tidak mau larut dalam ego politik Pemilu. Kalah menang hal biasa dalam pemilu," jelasnya dihubungi Jumat (3/5/2019).

Pemilu, lanjutnya, adalah kontestasi yang tujuannya untuk membangun bangsa, bukan menghancurkan. Jika ada yang kalah dalam Pemilu kali ini, masih ada waktu lima tahun mendatang untuk ikut lagi.

"Masih ada lima tahun lagi utk menuju kontestasi. Kita semua wajib menghormati hasil KPU," jelasnya.

Pertemuan AHY, dan juga sebelumnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Jokowi, menurutnya sebagai upaya untuk mendinginkan tensi politik.

"Pertemuan antara Jokowi-AHY dan sebelumnya Jokowi-Zulhas itu merupakan upaya mendinginkan suasana politik. Bahwa ada urusan yang lebih besar daripada sekadar hanya urusan kontestasi politik," pungkasnya.

Reporter: Hari Ariyanti dan Titin Supriatin

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini