Sukses

3 Poin Pertemuan Jokowi dengan Ketum Parpol di Restoran Plataran Menteng

Jokowi mengaku percaya dengan hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019 yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan sejumlah ketua umum partai koalisi di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Pertemuan dengan ketua umum partai pendukung ini dilakukan usai sejumlah lembaga survei mengumumkan hasil quick count Pilpres 2019.

Jokowi tak memberi peryataan apapun saat ditanya sejumlah awak media untuk apa pertemuan tersebut digelar. Namun, belakangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pertemuan ini untuk memonitor proses rekapitulasi suara.

Tak berapa lama pertemuan tersebut dilakukan, Jokowi keluar dengan didampingi para ketua partai pengusung. Berikut ini empat hasil pertemuan Jokowi di Restoran Plataran Menteng: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terima Ucapan Selamat dari Erdogan

Jokowi yang kembali maju di Pilpres 2019 bersama KH Ma'ruf Amin mengaku mendapat ucapan selamat dari para kepala negara sahabat terkait capaiannya di Pilpres 2019.

Ucapan selamat itu antara lain datang dari PM Malaysia Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura Lee Hsien Loong, dan juga Presiden Turki Erdogan.

"Tadi siang sampai sore kita telah menerima ucapan selamat dari PM Malaysia Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura Lee Hsien Loong, dan juga Presiden Turki Erdogan dan juga 10 negara lainnya yang telah memberikan ucapan selamat atas suksesnya pesta demokrasi di negara kita," ujar di Pelataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Tidak hanya itu saja, para kepala negara juga sangat mengapresiasi usaha serta kerja keras masyarakat Indonesia yang mampu menciptakan pemilu damai.

"Beliau juga menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Indonesia dan juga Jokowi dan KH Ma'ruf Amin atas keberhasilan Pemilu 17 April kemarin," katanya.

3 dari 4 halaman

Percaya Hasil Quick Count

Jokowi pun mengaku percaya dengan hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019 yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Menurutnya hampir semua quick count memiliki hasil yang jauh berbeda dari hasil rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU)

"Kita tahu semuanya tahu quick count adalah ilmiah. Dari pengalaman pemilu yang lalu, akurasinya 99 persen hampir sama dengan real count KPU," ungkap Jokowi.

Namun, dia tetap meminta seluruh rakyat Indonesia untuk tetap menunggu hasil penghitungan resmi KPU.

"Namun demikin, kita harus tetap sabar menunggu hasil penghitungan resmi KPU," kata Jokowi.

4 dari 4 halaman

Sebut 12 Lembaga Survei Menangkan Paslon 1

Dia pun membenarkan bahwa salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah soal quick count yang telah rampung 100 persen.

"Kemarin saya belum bisa berkomentar karena angkanya masih kecil, sekarang quick count semuanya sudah 100 persen, jadi kita tanggapi," ujar Jokowi.

Jokowi menyatakan, hasil quick count 12 lembaga survei memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dengan angka 54,05 persen dan Prabowo-Sandi 45,05 persen.

"Tapi kita tetap menunggu penghitungan resmi dari KPU. Kita harapkan bisa secepatnya selesai," ujarnya.

Jokowi menyatakan, quick count adalah penghitungan ilmiah. Berdasar pengaaman pemilu sebelumnya, akurasinya hampir 99 persen dengan real count.

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.