Sukses

Beda Tanggapan Jokowi dan Prabowo Usai Lihat Hasil Quick Count Sementara

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto angkat bicara soal hasil quick count atau hitung cepat sementara Pilpres 2019.

Respons atau tanggapan yang diberikan Jokowi maupun Prabowo pun berbeda. Prabowo menjadi yang pertama memberikan tanggapan terkait hasil quick count sejumlah lembaga survei.

Prabowo mengajak para relawan dan pendukungnya untuk mengawal kotak suara Pemilu 2019 yang baru saja usai. Menurut dia, hal itu penting untuk dilakukan agar hasil suara tidak disalahgunakan.

Sedangkan, Jokowi meminta pendukungnya tetap bersabar hingga ada pengumuman resmi dari KPU. Hal itu mengingat Jokowi terindikasi menang exit poll dan quick count.

Berikut beda respons atau tanggapan Jokowi dan Prabowo usai melihat quick count atau hitung cepat dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 4 halaman

1. Tanggapan Prabowo

Prabowo Subianto meyakini dirinya memenangkan Pilpres 2019. Keyakinan Ketua Umum Partai Gerindra itu berdasarkan hasil real count internal pihaknya.

"Berdasarkan real count kita, kita sudah berada di posisi 62 persen. Ini adalah hasil real count dalam posisi lebih dari 320 ribu TPS," ungkap Prabowo di Jakarta, Rabu (12/4/2019).

Menurut pasangan cawapres Sandiaga Uno ini, dirinya merasa prihatin karena banyak kejadian yang merugikan pendukung 02.

Dia berujar, bahkan banyak surat suara milik pasangan nomor urut 01 yang sudah dicoblos.

"Belum lagi diketemukan surat suara yang sudah dicoblos 01. Tapi walaupun demikian, hasil exit poll kita di 5.000 TPS menunjukkan bahwa kita menang, 55,4 persen dan hasil quick count kita menang 52,2 persen," ujar Prabowo di kediamannya, Rabu, 17 April 2019.

Untuk itu, Prabowo Subianto meminta kepada para pendukungnya untuk terus mengawal tempat pemungutan suara atau TPS.

 

 

3 dari 4 halaman

2. Ungkapan Jokowi

Calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI yang telah menjaga Pileg dan Pilpres 2019. Sehingga ajang lima tahunan tersebut berlangsung aman.

"Hasil pileg dan pilpres berjalan dengan jujur dan adil," ujar Jokowi saat konferensi pers di Djakarta Theatre, Jakarta, Rabu, 17 April 2019.

Dia mengungkapkan dari indikasi exit poll dan quick count, pasangan 01 unggul dari Prabowo-Sandiaga. Namun begitu, ia meminta pendukungnya tetap bersabar hingga ada pengumuman resmi dari KPU.

"Kita harus bersabar atas penghitungan dari KPU secara resmi," ujar dia.

Jokowi mengajak semua masyarakat untuk menghilangkan sekat-sekat tak baik selama Pilpres. Persaudaraan itu dapat kembali erat.

"Marilah kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air untuk menjalin dan merawat kerukunan kita sebagai bangsa dan Tanah Air," ucap dia.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Deretan Nazar Pendukung Jokowi dan Prabowo di Pilpres 2019
Artikel Selanjutnya
Prabowo Sebut Unggul di Situs Resmi, KPU: 1 Persen Saja Belum