Sukses

Tutup Debat Capres, Prabowo Ingatkan Bawahan 'Asal Bapak Senang'

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memberikan kata-kata penutup dalam debat Pilpres keempat dengan santai. Prabowo menyebut dirinya dengan calon petahana Joko Widodo atau Jokowi sangat bersahabat.

"Jadi memang ini debat, Pak. Audience kalau kita terlalu bersahabat kita agak sulitnya bagaimana ya. Saya bersahabat dengan Beliau, kalau berbeda tentang kenegaraan," kata Prabowo di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam.

"Maaf kalau keras, saya setengah Banyumas setengah Minahasa. Kalau Bapak kan solo jadi halus, Bataknya orang Jawa," kata Prabowo tertawa.

Kemudian, Prabowo kembali mengingatkan Jokowi soal 'asal bapak senang' oleh bawahan.

"Maaf Pak, saya kenal dengan banyak presiden, Pak Harto, Pak Habibie, banyak ABS (asal bapak senang) bilang bagus pak, bagus pak," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menegaskan bersahabat baik dengan lawan politiknya.

"Saya yakinkan tetap bersahabat baik dengan tokoh-tokoh, Ibu Mega, Mbak Yenny, sahabat saya Mas Pram. Kita tidak akan memutus persahabatan saya, biar rakyat tentukan yang terbaik untuk bangsa kita," tutupnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Debat Keempat Capres

Debat keempat Pilpres 2019 hanya diikuti capres Jokowi dan Prabowo Subianto. Keduanya akan beradu gagasan terkait tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Secara umum, mekanisme dan aturan debat keempat ini hampir sama dengan sebelumnya.

"Untuk debat keempat, format dan mekanisme sama dengan debat ketiga. Hanya untuk sesi empat dan lima, sesi debat itu diatur penggunakaan waktunya," ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di lokasi, Jakarta.

Pada sesi empat dan lima, moderator memberikan kesempatan kedua kandidat untuk saling bertanya dan menjawab. Setiap pertanyaan diberikan waktu selama delapan menit. Dari waktu tersebut dibagi secara adil kepada Jokowi dan Prabowo masing-masing empat menit.

"Sehingga dengan pengaturan waktu ini, kedua calon mendapat alokasi waktu yang sama, dan prinsip keadilan dapat diterapkan dalam debat keempat ini," tuturnya.

Sesi pertama debat akan diisi dengan pemaparan visi, misi, serta program dari masing-masing kandidat. Kemudian di sesi dua dan tiga dilakukan pendalaman visi, misi, dan program melalui beberapa pertanyaan yang diajukan moderator.

Sementara sesi keenam diisi dengan penyampaian pernyataan penutup oleh masing-masing kandidat.

 

Reporter: Nur Habibie

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Soal Pertahanan, Prabowo Naikkan Anggaran dan Jokowi Tingkatkan SDM
Artikel Selanjutnya
Jokowi Bangga Rebut Freeport, Prabowo Bongkar AS Untung Banyak