Sukses

Prabowo: Pancasila Harus Masuk dalam Pendidikan Bangsa Kita

Menurut Prabowo, Pancasila merupakan kesepakatan para pendiri bangsa, yang menjadikan Indonesia merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menjawab pertanyaan panelis terkait bagaimana menanamkan nilai Pancasila tanpa pendekatan indoktrinasi. Prabowo mengutarakan, menanamkan nilai Pancasila tidak selalu harus dengan indoktrinasi.

"Walau kita tidak mau menggunakan indoktriasi, tapi kita harus memasukkan Pancasila dalam pendidikan bangsa kita. Pendidikan dari kecil dari awal dari usia dini, TK,SD,SMP,SMA, harus dimasukan dalam edukasi, bukan intimidasi," ucap Prabowo dalam debat Pilpres keempat di Hotel Shangrila-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Prabowo, Pancasila merupakan kesepakatan para pendiri bangsa, yang menjadikan Indonesia merdeka. KArena itu, generasi saat ini harus memahami nilai-nilai pancasila. 

"Jadi generasi penerus harus mengerti dari mana datangnya republik Indonesia, walau tidak indoktrinasi, tapi harus edukatif, harus dimasukan dalam program pendidikan," ucap dia.

Dia pun meminta para tokoh bangsa untuk memberikan cobntaoh bagaiman menerapkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda saat.

"Para pemimpin harus memberi contoh, menyejukkan. Memilih orang tidak boleh memadang suku dan ras, harus politk pemersatu, buikan politik pecah belah," ucap Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.