Sukses

Live Report Debat Kedua Capres Jokowi Vs Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres 2019 kembali digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) malam ini, Minggu (17/2/2019) di Hotel Sultan, Jakarta. Dalam debat kedua ini, hanya para capres yang akan berlaga.

Debat kedua capres kali ini dibagi dalam enam segmen. Berbeda dengan debat perdana, KPU akan memperbanyak interaksi antarkandidat dalam debat kedua ini. 

Segmen pertama berisi penyampaian visi-misi, segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis. Kemudian, segmen keempat berupa debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis.

Pada segmen kelima, kedua capres saling mengajukan pertanyaan bebas dan segmen keenam pernyataan penutup.

Ikuti perkembangan berita terkini sepanjang debat kedua capres dalam live report Liputan6.com mulai pukul 17.00 WIB.

22.30 WIB

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa penonton saat hadir dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Dalam debat kedua ini tidak ada kisi-kisi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon presiden Prabowo Subianto menanggapi Joko Widodo atau Jokowi yang menyinggung kepemilikan tanahnya di Kalimantan Timur dan Aceh. Meski mengakui, dia menyatakan bahwa ada nilai positif dari hal tersebut.

"Daripada jatuh ke tangan asing lebih baik saya yang kelola," tutur Prabowo saat debat Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019).

Menurut Prabowo, tanah tersebut merupakan milik negara. Dia pun tidak keberatan jika nantinya diambil kembali demi kepentingan bangsa.

"Setiap saat negara bisa ambil kembali," jelas Prabowo.

22.29 WIB

Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). KPU memenuhi permintaan publik dengan tidak membocorkan pertanyaan sebelum debat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dalam menutup sesi debat Kedua capres, mengatakan, merasa beruntung mempunyai pengalaman di Solo sebagai Wali Kota, di Jakarta sebagai Gubernur DKI, dan kini memimpin Indonesia selama kurang lebih 4,5 tahun.

"Mengelola Indonesia ini butuh ketegasan, butuh keberanian," ucap Jokowi dalam Debat Capres Kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

Dia menuturkan, ketegasan dan keberanian itu dibuktikan di masa pemerintahannya saat memberantas mafia migas di Petral. Kemudian Blok Rokan juga sudah dikelolanya.

Semuanya, masih kata Jokowi, ini dilakukan agar negara Indonesia semakin baik ke depannya.

"Blok Mahakam dikelola, Freeport 51 persen sudah kita ambil. Kita ingin negara ini semakin baik," jelas Jokowi.

Untuk mewujudkan Indonesia seperti itu, Jokowi menegaskan akan mempergunakan seluruh tenaga dan kewenangan yang dimilikinya.

"Tidak ada yang saya takuti untuk kepentingan negara, untuk kepentingan bangsa, untuk kepentingan rakyat. Tidak ada yang saya takuti kecuali Allah," pungkasnya.

22.07 WIB

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi paparannya dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Debat bertema energi, pangan, infrastruktur, SDA, dan lingkungan hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo atau Jokowi membenarkan bahwa pemerintah melakukan impor sejumlah bahan pangan. Antara lain impor jagung dan beras.

"Saya sampaikan bahwa sejak 2014 sampai sekarang impor beras kita turun. Tahun 2014 produksi kita 21 juta ton dan 2018 produksi 33 juta ton, sementara konsumsi kita 29 juta ton, ada stok surplus hampir 3 juta ton, artinya kita sudah surplus. Kenapa impor? Itu untuk menjaga ketersediaan stok, stabilisasi harga, cadangan, serta antisipasi gagal panen dan hama," pungkas Jokowi.

22.06 WIB

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memberi paparannya dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). KPU memenuhi permintaan publik dengan tidak membocorkan pertanyaan sebelum debat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengungkapkan ada perbedaan pandangan terkait strategi falsafah ekonomi dengan calon petahana Jokowi. Dia mengungkapkan, ke depan pihaknya akan membuat produsen Indonesia lebih berdaya.

"Masalahnya strategi falsafah ekonomi kita berbeda. Berdayakan produsen kita sendiri. Kalau kita kelebihan stok kenapa harus impor? Itu jadi masalah," kata Prabowo dalam debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

21.30 WIB

Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi bertepuk tangan dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). KPU memenuhi permintaan publik dengan tidak membocorkan pertanyaan sebelum debat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, pembagian konsensi lahan untuk rakyat yang dilakukan di masa pemerintahannya, bukan untuk mereka yang memiliki koorporasi alias usaha besar.

"Rakyat Indonesia yang saya cintai, pembagian yang tadi sampaikan hampir 2,6 juta (hektar) itu agar produktif. Dan kita tidak berikan yang gede-gede," ucap Jokowi saat menjawab pertanyaan dari Prabowo dalam Debat Capres Kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

Dia langsung menyinggung kepemilikan tanah capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh. "Saya tahu Pak Prabowo punya lahan yang luas di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektar, juga di Aceh 120.000 hektar," singgung Jokowi.

21.26 WIB

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa penonton saat hadir dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Dalam debat kedua ini tidak ada kisi-kisi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengkritisi kebijakan capres petahan Jokowi yang gemar membagikan seritifikat tanah kepada masyarakat. Menurut Prabowo, apa yang dilakukan Jokowi dan pemerintahnya saat ini hanya kebijakan jangka pendek.

"Yang dilakukan Bapak Jokowi dan pemerintahnya menarik, dan populer untuk satu-dua geberasi. Tapi tanah tidak tambah, dan bangsa Indonesia terus tambah. Tiap tahun 3,5 juta (masyarakat bertambah)," ucap Prabowo dalam debat capres di Hotel Sultan, Jakarta Minggu (17/2/2019).

21.02 WIB

Jokowi dan Prabowo Subianto dalam debat kedua capres 2019. (Liputan6.com)

Dalam segmen debat tentang pangan dan energi, Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan optimistis Indonesia mampu melakukan swasembada di bidang energi.

"Kelapa sawit penting untuk biodiesel dan biofuel, kita masih bukan pesimis sangat optimis kita sangat mampu swasembada bidang energi, kelapa sawit sangat menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan petani kita yang lagi jatuh," ungkap Prabowo, Minggu (17/2/2019).

21.01 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam debat kedua capres 2019. (Liputan6.com)

Calon presiden Joko Widodo atau Jokowi mengkritisi rivalnya, Prabowo Subianto yang mengkritisi industri 4.0. Dia menyebut, capres nomor urut 02 itu kurang optimis.

"Pak Prabowo ke depan ini kurang optimis. Kalau saya melihat, pembangunan sumber daya manusia ini, saya optimis," ucap Jokowi saat menjawab pertanyaan dari Prabowo dalam Debat Capres Kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

2 dari 6 halaman

20.39 WIB

Jokowi dan Prabowo Subianto dalam debat kedua capres 2019. (Liputan6.com)

Capres petahanan Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, dalam empat tahun memimpin menjadi presiden, pihaknya banyak sekali melakukan pembangunan. Seperti membangun jalan, jalan tol, pelabuhan baru maupun pengembangan, airport baru ataupun pengembangan.

"Inilah yang kita ingin laksanakan agar konektivfitas antarpulau, provinsi, kabupaten, kota tersambung. Dengan itu kecepatan kemudahan transportasi barang, mobilitas orang makin cepat. Daya saing kita tanpa membangun itu lupakan. Saya konsisten akan terus membangun infrastruktur supaya konektivitas tersambung," kata Jokowi menjawab pertanyaan dari panelis debat di debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

20.15 WIB

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam debat kedua capres 2019. (Liputan6.com)

Calon presiden nomor urut 01 Jokowi memaparkan visi misinya. Salah satunya akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

20.06 WIB

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat kedua capres 2019. (Liputan6.com)

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memaparkan visi misinya. Salah satunya, Prabowo menyatakan akan menyediakan pangan yang terjangkau.

20.00 WIB

Jokowi dan Prabowo Subianto dalam debat kedua capres 2019. (Liputan6.com)

Calon presiden nomor urut 01 Jokowi dan 02 Prabowo Subianto memasuki panggung debat capres di Hotel Sultan, Jakarta.

19.15 WIB

Calon presiden nomor urut 01 Jokowi dan 02 Prabowo Subianto telah tiba di lokasi debat capres, Hotel Sultan, Jakarta.

19.04 WIB

Calon presiden nomor urut 01 Prabowo Subianto meninggalkan kediamannya menuju ke lokasi debat capres di Hotel Sultan, Jakarta, diiringi salawat.

3 dari 6 halaman

19.03 WIB

Perang yel-yel antarpendukung Jokowi dan Prabowo di lokasi debat capres. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Para pendukung Jokowi dan Prabowo adu yel-yel di depan lokasi debat capres, Hotel Sultan, Jakarta. Teriakan 'Jokowi-Maruf, lagi' dibalas pendukung 02 dengan teriakan 'Prabowo-Sandiaga menang'.

18.55 WIB

Cawapres 01 Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin meninggalkan Rumah Situbondo, Jakarta Pusat, menuju Hotel Sultan yang menjadi lokasi debat kedua Pilpres 2019. Dia sebelumnya menyampaikan rasa optimis bahwa Joko Widodo atau Jokowi akan menguasai penuh materi debat.

"Saya pikir tidak perlu ada pesan apa-apa ya. Dia juga sudah tahu kok, sudah paham. Saya hanya mensupport saja," kata Ma'ruf.

18.52 WIB

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Tohir. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Ketua TKN Erick Thohir tiba di lokasi debat kedua, Hotel Sultan dengan mengenakan jaket hitam bernomor punggung 01. Ia mengatakan Capres Jokowi tidak sekadar mengumbar janji.

"Pak Jokowi sudah dan akan melakukan, bukan hanya janji-janji," ucapnya.

4 dari 6 halaman

18.48 WIB

Anggota BPN Prabowo-Sandiaga, Fahri Hamzah. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Anggota BPN Prabowo-Sandiaga, Fahri Hamzah meminta agar kedua capres tidak menjadikan debat kedua sebagai ajang cerdas cermat semata.

"Jokowi sebagai petahana jawablah secara tuntas keraguan orang, karena itu semua baik oenantang maupun petahana jangan berpikir sekadar jawab lawan debat, berpikirlah ini menjawab pertanyaan seluruh rakyat indonesia. Debat ini tidak boleh jadi debat cerdas cermat," katanya.

18.36 WIB

Anggota TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Pramono Anung. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Anggota TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Pramono Anung mengatakan, Jokowi jauh lebih siap menghadapi debat dibandingkan Prabowo. "Tema ini adalah hal yang sudah dijalankan secara konkrit oleh Pak Jokowi. Kami yakin Pak Jokowi malam ini jauh lebih siap," ucapnya

18.22 WIB

Anggota tim BPN Prabowo-Sandiaga, Rahmawati Sukarnoputri. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Anggota tim BPN Prabowo-Sandiaga, Rachmawati Soekarnoputri tiba di lokasi debat Pilpres 2019 sekitar pukul 18.22 WIB.

Ia mengatakan Prabowo sudah sangat menguasai materi debat. "Beliau sudah menguasai ya (tema), BPN mempersiapkan sesuai dengan keputusan KPU," kata Rachmawati.

18.18 WIB

Pendukung Jokowi bernyanyi di depan lokasi debat kedua capres di Hotel Sultan. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Pendukung capres nomor urut 01 Jokowi, bernyanyi di depan lokasi debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta. Pendukung yang mengenakan kaos bertulis 01 itu Mengubah lirik lagu Sayur Kol menjadi,  "Jokowi-Amin, Jokowi-Amin satu periode sudah terbukti."

5 dari 6 halaman

17.41 WIB

Jelang debat capres kedua, pendukung menaiki motor yang mirip dengan milik Jokowi. (Merdeka.com/ Ronald)

Massa para pendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf mulai memenuhi area nonton bareng (nobar) debat capres kedua, di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat. Massa pendukung mengenakan kaos warna putih dan merah bertuliskan 01, Jokowi-Ma'ruf.

Pantauan di lokasi, panitia memberikan makanan gratis kepada pendukung, mulai nasi goreng, ketoprak, siomai, soto, dan aneka minuman. Selain itu, para pendukung pun bisa melihat secara langsung motor gede (moge) mirip milik Jokowi. Motor yang berwarna kuning emas itu diperbolehkan dinaiki dan diabadikan lewat handphone.

17.22 WIB

Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Ketua BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Djoko Santoso tiba di lokasi debat kedua capres di Hotel Sultan. Mengenakan kemeja biru dan celana cokelat, Djoko menyatakan Capres Prabowo Subianto sudah siap menghadapi debat kedua dan menjelaskan visinya.

"Orang sekaliber Prabowo dia punya visi untuk ke depan gimana, pasti sudah jelas visinya," katanya.

17.04 WIB

Lalu lintas Menuju Hotel Sultan Macet menjelang Debat Capres. (Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

Lalulintas menuju tepat berlangsungnya acara Debat Calon Presiden, di Hotel Sultan, Jakarta mulai tersendat, hal ini disebabkan penyempitan arus lalulintas. Pantauan Liputan6.com, di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (16/2/2019) pukul 17.00 WIB, kemacetan terjadi mulai Polda Metro Jaya sampai Hotel Sultan sebernag Gerbang Tol Senayan.

Kemacetan disebabkan penyempitan jalan, di depan hotel yang terletak bersebelahan dengan Jakarta Convention Center (JCC). Penyempitan diakibatkan pengamanan dari pihak kepolisian dan kendaraan operasional yang parkir dilokasi tersebut. 

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sandiaga Uno Janji Ciptakan Lapangan Kerja Melalui Budaya
Loading
Artikel Selanjutnya
Live Report Debat Capres Cawapres 2019 di Hotel Bidakara