Sukses

Luhut Panjaitan: Survei Internal, Suara Jokowi-Ma'ruf Masih Lemah di Banten

Luhut mengakui bahwa masih ada daerah-daerah yang sulit ditaklukkan Jokowi. Salah satunya di Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pengarah Bravo 5, salah satu tim kampanye Jokowi-Ma'ruf, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, pihaknya melakukan survei internal, untuk melihat elektabilitas, isu-isu, dan kekuatan di daerah, terkait pasangan nomor urut 01 itu.

Dia mengakui bahwa masih ada daerah-daerah yang sulit ditaklukkan Jokowi. Salah satunya di Banten.

"Ada beberapa daerah yang masih rawan. Mungkin di Banten. Tapi Jawa Barat, kita margin of error. Yang lainnya kita menang mutlak," kata Luhut usai memberikan pengarahan dalam Rakernas I Bravo 5, di Hotel Golden Boutique, Jakarta, Sabtu (8/12/2018) malam.

Saat ditegaskan kenapa suara Banten turun, padahal ada sosok Ma'ruf Amin, dia menegaskan, Ketua Majelis Ulama Indonesia itu, belum berkampanye disana.

"Ya belum turun. Tapi nanti, begitu beliau turun, saya kira banyak pengaruhnya," ungkap Luhut.

Sebelumnya, beberapa lembaga survei dalam hasil penelitian terakhir menunjukkan suara pasangan calon Jokowi-Ma'ruf unggul. Meski demikian mengalami stagnasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ma'ruf Amin Belum Berkampanye

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir mengatakan, hal ini lantaran Ma'ruf Amin belum bergerak alias berkampanye.

"Kan Abah (panggilan akrab Ma'ruf Amin) belum bergerak, belum kampanye. Kalau nanti Abah kampanye, wuih," ucap Erick dalam acara Workshop Nasional TKN-TKD Jokowi-Ma'ruf.

Dia mengungkapkan, selama ini yang dilakukan Ma'ruf hanya bersilahturahmi. Serta menguatkan basis terlebih dahulu.

"Silahturahmi sama kampanye beda. Kalau udah datang ke pasar itu, baru. Ini baru check and balance," jelas Erick.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.