Sukses

Survei Y-Publica: Jokowi Kuasai 6 Wilayah, Prabowo Unggul di Sumatera

Elektabilitas pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di sejumlah wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di sejumlah wilayah Indonesia. Survei Y-Publica menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf menguasai Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Direktur Y-Publica Rudi Hartono memaparkan, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Jawa mencapai 54,4 persen, sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 28,8 persen. Kemudian di Sulawesi, Jokowi Ma'ruf mendapat 56,3 persen, Prabowo-Sandi 25,5 persen.

"Di Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Kemudian Maluku dan Papua, pasangan Jokowi-Ma'ruf terpaut jauh dari Prabowo-Sandi," katanya saat memaparkan hasil survei di Bakoel Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Dia menambahkan, pasangan Jokowi-Ma'ruf kalah tipis dari Prabowo-Sandi di Sumatera. Di pulau yang berpenduduk sekitar 50 juta jiwa itu, Prabowo-Sandi mendapat 42,6 persen, sedangkan Jokowi-Ma'ruf 40,8 persen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Pertarungan

"Jawa dan Sumatera adalah dua pulau dengan populasi terbesar di Indonesia. Dua pulau ini jadi kunci pertarungan elektoral, karena jumlah suara di kedua pulau itu sekitar 78 persen," ungkapnya.

Survei Y-Publica dilakukan pada 10-20 Oktober 2018. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan teknik survei multistage random sampling mewakili 34 provinsi di Indonesia. Margin of error pada survei tersebut adalah plus minus 2,98% dengan tingkat kepercayaan 95%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.