Sukses

Timses: Kunjungi Korban Gempa Palu Bukti Jokowi Prioritaskan Rakyat daripada Kampanye

Joko Widodo atau Jokowi membatalkan rencana jalan sehat di Solo, dan memilih doa bersama dengan masyarakat untuk korban gempa Palu.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi membatalkan rencana jalan sehat di Solo, dan memilih doa bersama dengan masyarakat untuk korban gempa Palu. Usai acara, Jokowi pun langsung beranjak ke Kota Teluk untuk memantau kondisi.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan, tindakan ini merupakan bentuk dari ketegasan Jokowi dalam menentukan skala prioritas. Jokowi tahu, lanjut dia, penanganan gempa Palu dan Donggala lebih penting dari kampanye untuk memperebutkan kekuasaan.

"Ketika rakyat Donggala dan Palu sedang susah akibat gempa bumi dan tsunami, maka skala prioritas Pak Jokowi sebagai memimpin langsung penanganan bencana tersebut. Saat ini penanganan korban jauh lebih penting dari sekedar kampanye," ucap Hasto saat dikonfirmasi, Minggu (30/9/2018).

Hasto yang sempat mendampingi Jokowi di Solo menegaskan, sambutan singkat Jokowi dalam acara doa bersama membawa pesan, agar peristiwa Donggala dan Palu menjadi momentum untuk persatuan. Juga bergotong royong bela rasa bagi para korban gempa Palu dan Donggala.

"Apa pun yang datang adalah mereka yang tergerakkan untuk doa bersama. Pembatalan jalan sehat juga menunjukkan bahwa kami berkomitmen mengikuti seluruh aturan main yang tidak menggunakan jalur Car Free Day dengan kegiatan yang bersifat kampanye," ungkap Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi

Sebelumnya, Jokowi yang awalnya direncanakan hadir dalam undangan untuk acara jalan sehat bersama warga kampungnya, dibatalkan. Dia memilih untuk ikut dalam doa bersama.

"Tapi kemarin saya sampaikan agar dibatalkan. Kenapa dibatalkan? Karena saudara kita di Palu, Donggala, Sigi, baru berdukacita karena gempa dan tsunami," kata Jokowi.

Karenanya, dia mengajak ribuan warga yang hadir untuk berdoa bersama.

"Marilah kita berdoa, agar saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Palu, Donggala, Sigi, dan sekitarnya, diberi kesabaran, diberi ketabahan dalam menjalani cobaan ini," ucap Jokowi.

Usai berdoa bersama, masih kata dia, dirinya langsung menuju Palu untuk melakukan peninjauan.

"Setelah ini saya akan terbang ke Palu untuk melihat langsung kondisi yang ada di sana," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.