Sukses

Coblosan Pilkada di Kalimantan Utara dan Bali, Warga Bermasker dan Cuci Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Proses pencoblosan Pemilihan kepala daerah atau Pilkada di 309 kabupaten dan kota di Indonesia dimulai hari ini, Rabu (9/12/2020). Pencoblosan dimulai pukul 07.00 waktu masing-masing daerah.

Pantauan secara virtual, pencoblosan Pilkada di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, tengah berjalan. Masyarakat mulai menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) 21.

Saat TPS 21 dibuka, pemilih mulai berdatangan. Mereka tampak menggunakan masker. Setiba di TPS, pemilih diarahkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mencuci tangan dengan sabun. Fasilitas cuci tangan telah disediakan.

Usai mencuci tangan, para pemilih mengecek suhu tubuh. Selanjutnya, mereka menerima sarung tangan plastik sekali pakai dari petugas sebelum mencoblos.

Usai pencoblosan, pemilih membuang sarung plastik ke tempat sampah yang terletak tidak jauh dari bilik suara. Jari pemilih kemudian diberi tinta tanda sudah mencoblos.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pilkada di Bali

Aktivitas serupa juga terjadi di TPS 12 dan 13 Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Pemilih terlihat mengantre dengan menjaga jarak sebelum mencoblos. Di antara mereka ada yang menggunakan masker kain dan masker bedah.

Sebelum masuk ke TPS, pemilih mencuci tangan dengan sabun dan mengecek suhu tubuh. Petugas nampak mengawasi penerapan jaga jarak di antara para pemilih.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS