Sukses

3 Bakal Pasangan Calon Pilkada Tangsel Jalani Tes Kesehatan Mulai Hari Ini

3 bakal paslon Pilkada Tangsel yaitu Muhamad-Saraswati, Siti Nur Azizah-Ruhamaben, serta Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, akan mengikuti tes kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjalani tahapan Pilkada 2020 yaitu tes kesehatan mulai hari ini.

Ketiganya yaitu Muhamad-Saraswati, Siti Nur Azizah-Ruhamaben, serta Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, akan mengikuti tes kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang.

"Tes kesehatan selama dua hari, hari pertama tes jasmani, Selasa, 8 September 2020. Hari kedua, Rabu 9 September 2020 tes rohani dan tes narkoba," kata komisioner KPU Tangsel, Achmad Mudjahid Zein, Selasa (8/9/2020).

Mudjahid menyebutkan, alasan ketiga bakal paslon wali kota dan wakil wali kota Tangsel melakukan tes kesehatan di RSUD milik Pemkab Tangerang, karena aturannya harus rumah sakit pemerintah dan minimal harus grade B.

"Kita pertama koordinasi dengan IDI, untuk meminta daftar rumah sakit daerah yang terakreditasi A. Kalau tidak A atau B. Di sini yang paling dekat dengan Tangsel itu adalah RSUD Kabupaten Tangerang yang di Jalan Ahmad Yani. Karena yang Tangsel belum grade B," ungkapnya.

Mudjahid mengatakan, untuk pemilihan rumah sakit tersebut telah diatur dalam surat Keputusan KPU RI terkait pedoman teknis dalam pelaksanaan tes kesehatan jasmani dan kesehatan rohani para pasangan bacalon. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran pilkada

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) Muhamad-Rahayu Saraswati, menjadi pasangan pertama yang mendaftarkan diri di Pilkada Tangsel 2020.

Dengan menggunakan oplet Si Doel yang dipinjamkan aktor yang juga politisi PDIP Rano Karno, pasangan tersebut tiba di Kantor KPU Kota Tangsel sekitar pukul 14.15 WIB. Keduanya langsung disambut para komisioner KPU, dan langsung masuk ke dalam kantor untuk menyerahkan berkas pendaftaran.

Anak Wakil Presiden Ma'aruf Amin, Siti Nur Azizah, bersama Ruhamaben, menjadi pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota kedua, mendaftarkan diri ke KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Tidak seperti pendaftaran pasangan sebelumnya, kali ini terpantau sedikit massa yang hadir dengan pengawalan yang ketat.

Sebelum mendatangi KPU, Azizah bersama Ruhamaben serta pendukungnya mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Seribu untuk berziarah.

Berikutnya adalah pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Benyamin mengatakan, sudah siap daftar ke KPU setelah resmi diusung oleh Partai Golkar, PPP, Parta Gelora dan Partai PBB ditambah dukungan dari ornamen masyarakat lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.