Sukses

Cucu Pakubuwono XII Dampingi Gibran di Pilkada Solo 2020?

Terkait peluangnya maju menjadi calon wakil wali kota mendampingi Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo 2020, Putri optimistis.

Jakarta - Gibran Rakabuming Raka maju menjadi calon wali kota pada Pilkada Solo 2020. Namun meski begitu, putra Presiden Jokowi ini belum memiliki pasangan calon wakil wali kota.

Padahal, cukup banyak pendaftar yang ingin mendampingi Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil wali kotanya pada Pilkada Solo 2020.

Salah satunya yang berminat adalah B.R.A. Putri Woelan Sari Dewi. Dia adalah putri pertama Mahamenteri Keraton Kasunanan Surakarta K.G.P.H.P.A. Tedjwowulan dan cucu Pakubuwono (PB) XII.

Cucu Raja Solo itu mendaftar sebagai calon wakil wali kota di Pilkada Solo melalui DPP PDIP. Untuk menunjukkan keseriusannya, Putri pun terus bersosialisasi alias blusukan dengan berbagai elemen masyarakat.

Belum lama ini, Putri melihat pameran karya lukis dan kerajinan tangan bertajuk Solo Art Market (SAM) di Ngarsopuro, Sabtu, 7 Maret 2020 siang.

Kemudian pada sore harinya, Putri melihat aktivitas Bank Sampah di RW VII Kampung Yosoroto, Kelurahan Purwosari, Laweyan.

Putri pun mengaku terkesan dengan konsep Bank Sampah yang dijalankan di kampung itu. Selain ramah lingkungan, warga setempat mendapatkan penghasilan tambahan dari menabung sampah.

"Ini tidak sekadar mengumpulkan sampah yang bisa didaur ulang tapi juga terkait kemandirian masyarakat. Sampah yang terkumpul didaur ulang menjadi barang bernilai lain seperti pupuk tanaman," ujar dia.

Menurut Putri, nantinya, konsep Bank Sampah bisa diterapkan di kampung-kampung lainnya di Solo. Dengan begitu, kata dia, sampah yang diproduksi masyarakat saban hari tidak terbuang begitu saja.

Terkait peluangnya maju menjadi calon wakil wali kota mendampingi Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo 2020, ia optimistis.

"Bismillah. Dalam berupaya hal apa pun harus punya optimisme, dengan begitu akan timbul semangat sehingga perjuangan itu akan terus terwujud. Bila kita tidak optimistis, bagaimana kita bisa mewujudkan," tutur Putri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sama-Sama Muda

Menurut Putri, sangat wajib hukumnya untuk terus berusaha sebelum ada keputusan resmi rekomendasi dari DPP PDIP. Terkait pasangan calon wali kota, Putri menyerahkan sepenuhnya kepada DPP PDIP.

Meski begitu, Putri menyiratkan keinginannya menjadi pendamping Gibran Rakabuming Raka dengan pertimbangan masih sama-sama muda.

"Saya sih selama itu perintah DPP PDIP insya Allah saya kerjakan. Kalau misalkan dapat pasangan lebih sepuh saya harus banyak ngangsu kawruh, syukur-syukur dapat calon pemimpin muda dan seumuran sehingga bisa seiring sejalan. Kalau seumuran saya bisa membantu yang jadi ide-ide dari anak muda," papar Putri.

Sementara, ihwal kemunculannya di waktu-waktu terakhir, Putri menyatakan karena beberapa hal. Salah satunya kebijakan di tempat kerjanya yang tak membolehkan dirinya berurusan dengan politik.

Dia juga mengaku sudah lama bergerak sosialisasi dengan masyarakat. Tapi gaung pergerakannya tercium baru-baru ini.

 

Simak berita menarik Solopos.com lainnya di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.