Sukses

Gibran atau Achmad Purnomo, Siapa Bakal Dipilih PDIP di Pilkada Solo?

Jakarta - PDIP bakal mengumumkan rekomendasi pasangan calon (paslon) yang diusung dalam pilkada serentak 2020 mulai pekan depan. Lantas, siapakah di antara Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo yang mendapat rekomendasi maju sebagai calon wali Kota Solo dari PDIP?

Beberapa waktu lalu, DPP PDIP memanggil tiga calon yang diusulkan DPC PDIP Solo untuk menjalani fit and proper test di Jakarta. Ketiga orang tersebut adalah cawali-cawawali, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa, dan Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PDIP, Bambang “Pacul” Wuryanto, tidak menyebutkan pasti kapan rekomendasi paslon PDIP untuk Pilkada Solo 2020, disampaikan. Ia tidak mau mendahului kewenangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengumumkan rekomendasi paslon tersebut.

"Saya enggak hafal, itu masih jadi rahasia DPP. Tapi, akhir Maret nanti semuanya sudah clear," tegas Bambang Pacul, kepada Solopos.com, Sabtu (15/2/2020).

Bambang Pacul yang sekaligus menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) tidak menjelaskan detail paslon daerah mana saja yang diberikan rekomendasi PDIP pada tahap pertama. Ia hanya menyebut kemungkinan rekomendasi diberikan kepada paslon yang persiapannya menghadapi Pilkada 2020 sudah matang.

"Bisa jadi nanti tahap pertama rekomendasi diberikan pada daerah yang paslonnya sudah berpeluang besar menang. Mungkin daerah yang diikuti petahana (Kota Semarang, Grobogan, dan Wonogiri). Pastinya, dari sekian banyak daerah yang menggelar pilkada, Jateng ada," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Diumumkan Bertahap

Diberitakan sebelumnya, PDIP bakal mengumumkan rekomendasi untuk pilkada 2020 secara bertahap. Jika tahap pertama diumumkan pekan depan, maka tahap kedua diumumkan pada pekan pertama Maret 2020. Sedangkan tahap ketiga atau pamungkas diumumkan pada pekan terakhir Maret.

"Jadi nanti H-6 sebelum coblosan (23 September 2020), kita sudah clear. Seluruh rekomendasi sudah kita umumkan. Tinggal, langkah selanjutnya kita persiapkan strategi pemenangannya," jelas Bambang Pacul.

Simak berita Solopos lainnya di sini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Loading