Sukses

Gus dan Lora Harap Warga Jaga Seduluran di Pilkada Jatim 2018

Forum Santri Cinta Damai (Santai) ajak masyarakat senantiasa mematuhi nasehat para masyayikh serta kiai-kiai sepuh terkait pelaksanaan Pilkada Jatim 27 Juni 2018.

Liputan6.com, Kediri - Forum Santri Cinta Damai (Santai) yang terdiri dari para kiai muda atau Gus maupun Lora dari beragam pesantren se-Jawa Timur mengimbau ke santri, warga nahdliyin, dan masyarakat luas untuk senantiasa mematuhi nasehat para masyayikh serta kiai-kiai sepuh terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 27 Juni 2018 mendatang.

"Mari mematuhi nasihat para kiai sepuh di Pilgub Jatim ini," ujar Gus Thoif Zainuddin di Kediri, Jawa Timur, Senin 25 Juni 2018.

Putra KH Zainuddin Jazuli, pengasuh Pesantren Al Fallah, Ploso, Kediri ini mengatakan, dengan semakin dekatnya hari pencoblosan Pilkada, penting bagi para santri, warga nahdliyin, dan masyarakat luas untuk mendengarkan kembali nasehat para masyayikh dan kiai sepuh se-Jatim.

"Nasihat para masyayikh dan kiai sepuh antara lain agar kita semua warga Jatim terus menjaga persaudaraan, memperkuat seduluran, agar daerah ini selalu dianugerahi kemakmuran oleh Allah SWT, menjadi daerah yang baldatun toyyibatun wa robbun ghofur (sebuah daerah yang subur, makmur, adil dan aman). Jadi mari jaga seduluran, agar kita diberi kemakmuran," ucap Gus Thoif.

Para gus dan lora se-Jatim itu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemilu yang telah bekerja keras menyiapkan Pilkada Jatim.

"Harapan kami kepada semua masyarakat Jawa Timur, marilah kita nikmati pilkada ini dengan gembira dan merdeka. Tidak perlu cemas jika ada fatwa-fatwa yang tidak berdasar seperti kita akan berdosa dan mengkhianati Allah SWT serta Rasulullah jika tidak memilih calon tertentu. Pilihlah calon dengan tulus, sesuai kata hati kita," jelas Gus Thoif.

 

 *Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penandatanganan Gus Lora

Pernyataan para gus dan lora se-Jatim ini ditandatangani lebih dari 30 Gus dan Lora. Di antaranya Gus Thoif Zainuddin, Gus Abdur Rohman Al-Kautsar (Ponpes Ploso, Kediri), Gus Hasan Amanulloh (Pesantren Tambak Beras, Jombang), dan Lora Nasih Aschol (Pesantren Syaikhona Kholil, Bangkalan).

Lalu, Gus Haris (Pesantren Genggong Probolinggo), Gus Fatkhulloh (Pesantren Bumi Hidayah, Trenggalek), dan Gus Gudfan (Pesantren Sunan Drajad, Lamongan).

Selain itu, ada Gus Musthofa (Pesantren Poncol Magetan), Gus Masfuk (Pesantren Darunnajah, Malang), Gus Fahrur Rozie (Pesantren An Nur, Malang), Gus Rudin (Pesantren Tambak Beras, Jombang), Gus Nuril Anwar (Pesantren Kencong, Pare), dan Gus Fahmi Iskandar (Pesantren Ngasinan, Kediri).

Ada pula Gus Muhammad Idris (Pesantren Salafiyah, Pasuruan), Lora Khoiron (Pesantren Miftahul Ulum, Sampang), Lora Ahmad Syamli (Pesantren An Nuqoyyah, Sumenep), serta sejumlah Gus dan Lora dari pesantren besar lainnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.