Sukses

Blusukan ke Pasar Tambun, Ridwan Kamil Pamer Mesra

Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjanjikan akan memberi pinjaman bagi masyarakat Jabar yang sering ke masjid.

Liputan6.com, Bekasi - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil mengunjungi Pasar Tambun di Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dalam kunjungan tersebut, sejumlah pedagang mengeluhkan banyaknya rentenir serta kondisi pasar yang semakin sepi.

"Saya punya program terkait pinjaman, yaitu program mesra alias masjid sejahtera. Ini bisa mengatasi masalah rentenir," ujar Ridwan Kamil usai berdialog dengan pedagang di lokasi, Jumat (20/4/2018).

Menurutnya, pedagang bisa mengajukan pinjaman tanpa bunga, tanpa agunan. Tapi, dengan syarat harus rajin beribadah ke masjid.

Sehingga, menurut pria yang karib disapa Kang Emil ini, nantinya pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengeluarkan surat rekomendasi pemberian pinjaman hingga Rp 30 juta.

"Ini sudah kami lakukan di Bandung, BPR (Bank Perkreditan Rakyat) dengan DKM," ucap Wali Kota Bandung nonaktif tersebut.

Karena itu jika terpilih, Kang Emil akan menggulirkan program tersebut di seluruh Jawa Barat. Dengan program itu, menurutnya, pedagang kecil bisa mengembangkan usaha tanpa takut dikejar-kejar membayar utang dengan bunga tinggi seperti rentenir.

"Tugas pemimpin adalah memudahkan urusan rakyatnya," kata Ridwan Kamil yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Sepi

Selain rentenir, sejumlah pedagang mengeluh pasar sepi semenjak bermunculan toko modern. Oleh karena itu, Kang Emil berjanji akan memperbaiki fasilitas yang ada di Pasar Tambun, salah satunya akses jalan yang becek.

"Akses yang mudah dan nyaman bisa menarik pembeli ke pasar tradisional. Perekonomian di pasar tradisional akan bergeliat kembali," tegas Ridwan Kamil.

 

Reporter : Adi Nugroho

Sumber   : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.