Sukses

Mantra-Kerta Ingin Festival Kewirausahaan di Bali Rutin Diadakan

Calon Gubernur Bali Rai Mantra mengingatkan generasi muda haruslah memiliki jiwa kewirausahaan agar mampu mandiri dalam kehidupannya.

Liputan6.com, Denpasar - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) mengingatkan generasi muda haruslah memiliki jiwa kewirausahaan agar mampu mandiri dalam kehidupannya.

"Bagi anak muda yang ingin mengembangkan diri jadi pengusaha muda harus mulai sejak dini. Karena itu perlu dilakukan festival kewirausahaan, seperti yang dilakukan Pemkot Denpasar," ujar Rai Mantra seperti dikutip dari Antara, Selasa (10/4/2018).

Dalam festival tersebut, anak muda dengan gagasan cemerlang mempresentasikan gagasan bisnis di hadapan panelis dan publik.

Presentasi ini bertujuan menyeleksi anak muda dengan gagasan terbaik, kemudian dikirim ke Rumah Perubahan milik Reynald Khasali.

"Anak muda itu perlu ruang mengekspresikan gagasan bisnis mereka. Festival Enterprneurship adalah wadah yang disiapkan pemerintah untuk orang muda memperkenalkan gagasan bisnis sekaligus mendapat pendampingan," ucap Rai Mantra.

Menurut Rai Mantra, festival merupakan terobosan serupa perlu ditularkan lebih luas di Bali. Dia meyakini di seluruh pelosok Bali tersebar ide-ide segar dari anak muda, hanya saja belum mendapatkan ruang ekspresi.

"Karena itu, Festival Kewirausahaan (Enterpreneurship) akan jadi salah satu program paket Mantra-Kerta jika dipercaya memimpin Bali," kata dia.

Rai Mantra menambahkan, jika dalam setahun masing-masing kabupaten dan kota menghasilkan 10 pengusaha muda, maka seluruh Bali setidaknya menghasilkan 90 pengusaha baru. Wirausaha inilah, kata dia, yang turut membantu pemerintah membuka lapangan kerja baru.

"Anak muda kita adalah agen pembangunan, bayangkan kalau mereka membangun bisnis sendiri dan membuka lapangan kerja, banyak masalah yang akan terjawab di dalamnya," tutur Rai Mantra.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Jangka Panjang

Rai Mantra berujar, Festival Enterpreneurship ini memberikan sejumlah manfaat jangka panjang. Antara lain, kata dia, tidak mengulangi kegagalan para pendahulu, tetapi menghasilkan wirausahawan muda yang kompeten, kreatif, dan berintegritas serta mampu bersaing secara global.

"Perlu ditanamkan ke anak muda kerja keras saja tidak cukup, dengan pendidikan kewirausahaan anak muda selain jadi pekerja keras tapi juga produktif. Tentu saja berbasis ide original mereka," kata Rai Mantra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.