Sukses

Ahok: Saya Enggak Pernah Mengeluh Politisasi Kasus

Ahok mengingatkan agar Sylviana tidak membesar-besarkan isu politisasi dan menyerahkan kasus itu pada hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, pemeriksaan cawagub nomor urut satu Sylviana Murni dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Kwarda DKI seharusnya dapat ditanggapi santai. Dia heran dengan tanggapan pemeriksaan tersebut dikaitkan dengan politik.

"Sedikit-sedikit politisasi. Tersangka saja belum. Ini (saya saja sudah) terdakwa, bos," kata Ahok di kawasan Condet, Jakarta Timur, Senin (23/1/2017).

Calon nomor urut 2 itu mengingatkan agar Sylviana tidak membesar-besarkan isu politisasi dan menyerahkan kasus itu pada hukum. Ahok membandingkan dengan dirinya yang juga terjerat kasus hukum bahkan sudah menjadi terdakwa, namun tak pernah mengeluh politisasi.

"Cek saja benar atau enggak. Saya saja enggak pernah ngeluh politisasi. Jalani hukum saja supaya pengadilan membuktikan," ujar Ahok.

Cagub DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono angkat suara terkait pemanggilan Sylviana Murni oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri terkait kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) Pemprov DKI ke Kwarda Gerakan Pramuka 2014 dan 2015. Menurut Agus, pemanggilan ini berbau politis.

"Sangat saya sayangkan. Ini kok seperti rasa-rasanya aroma politiknya terlalu tinggi, diupaya mencari sesuatu yang tidak ada," ungkap Agus usai kampanye di Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Kamis 19 Januari 2017.

Agus Yudhoyono mengaku sudah bertemu dan yakin Sylvi tidak melakukan praktik-praktik melanggar aturan, apalagi sampai menyelewengkan anggaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Sylviana Murni adalah seorang birokrat yang kini maju bersama Agus Yudhoyono sebagai pasangan calon kepala daerah DKI Jakarta
    Sylviana Murni adalah seorang birokrat yang kini maju bersama Agus Yudhoyono sebagai pasangan calon kepala daerah DKI Jakarta

    Sylviana Murni