Sukses

Mahfud Md Sambangi KPU, Ini Hasil Tinjauannya

Mahfud Md mengaku kedatangannya untuk memberikan dukungan moril kepada KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md menyambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia mengaku kedatangannya untuk memberikan dukungan moril kepada KPU.

"Kami datang ke sini karena merasa risih juga, terganggu dengan perkembangan terakhir, di mana ada tudingan dan dugaan kecurangan terstruktur di KPU," kata Mahfud di Kantor KPU RI, Rabu (24/4/2019).

Dari hasil tinjauan Mahfud ke sistem di kantor KPU, ia menyebut kesalahan input hanya 101 TPS. Jumlah tersebut, 24 di antaranya berasal dari temuan masyarakat dan sisanya hasil koreksi KPU.

"Dari situ kekeliruan hanya ada 0,0004 persen. Berarti hanya ada 1 dalam 2.500 TPS. Hanya satu," ucap Mahfud Md.

Mahfud memastikan tidak ada rekayasa dan kesalahan yang terstruktur dalam input data KPU.

"Sangat tidak mungkin rekayasa terstruktur ber persen-persen. Ini cuma 1 per 2.500, tidak mungkin ada kesengajaan. Dan semua bisa lihat di Situng KPU mana yang benar," ucap Mahfud Md.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Hukum

Mahfud Md menyebut, apabila masih ada kesalahan input, masyarakat bisa menempuh jalur hukum.

"Kalaupun masih ada keraguan ada asaatnya forum hukum. Ada dua hukum dalam arti penerapan aturan nanti akan dibuktikan 22 Mei. Silakan adu data semuanya ada," ucapnya.

"Kami tidak menganggap 1 per 2.500 dibenarkan, tapi dipahami, bisa diselesaikan tanggal 22 Mei nanti," tandas Mahfud Md.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini