Sukses

KPU Madiun Terima 3.199 Kotak Suara untuk Pemilu 2019

Kotak suara baru untuk Pemilu 2019 tersebut berbahan dasar karton, sehingga rawan basah.

Liputan6.com, Madiun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jawa Timur segera menerima 3.199 unit kotak suara yang akan digunakan untuk pelaksanaan Pemilu 2019, baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).

Menurut Ketua KPU Kota Madiun Sasongko, ribuan unit kotak suara yang akan diterima tersebut merupakan kotak suara baru. Sementara, kata dia, kotak suara yang lama akan dilelang.

"Untuk kebutuhan kotak suara, kita akan dikirim sebanyak 3.199 unit. Dengan asumsi kita nanti ada 608 TPS, maka kita butuh sekitar 3.040-an," ujar Sasongko, seperti dilansir Antara, Jumat (26/10/2018).

Dia mengatakan, sesuai rencana, pengiriman ribuan kotak suara tersebut akan tiba di Kota Madiun pada Senin, 29 Oktober 2018. Terkait dengan hal itu, pihaknya telah menyiapkan lokasi di luar kantor KPU yang digunakan untuk penyimpanan. Ini dilakukan karena gudang di KPU sudah tak muat.

"Lokasi yang dipilih untuk dijadikan gudang adalah salah satu gedung di area Wisma Haji Kota Madiun. Lokasi tersebut dipilih karena dinilai cukup aman dan tertutup, sehingga tidak cemas jika sewaktu-waktu hujan," ucapnya.

Apalagi, kata Sasongko, kotak suara baru untuk Pemilu 2019 tersebut berbahan dasar karton, sehingga rawan basah. Hal itu, menurut dia, berbeda dengan kotak suara lama yang ada di gudang KPU yaitu terbuat dari aluminium.

"Untuk persiapan penyimpanan tersebut, KPU Kota Madiun telah memasang palet yang difungsikan untuk mendukung penyimpanan kotak suara. Tujuannya agar tidak lembab dan terhindar dari serangga, sehingga kotak suara aman hingga saat dibutuhkan nanti," papar Sasongko.

Dia menegaskan, dengan adanya pengiriman kotak suara hingga 3.199 unit tersebut, maka jumlah kebutuhan kotak suara Pemilu 2019 di Kota Madiun telah terpenuhi. Sedangkan, kata Sasongko, kebutuhan kotak suara di masing-masing TPS untuk Pemilu 2019 nantinya lima unit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.