Sukses

Survei Indo Barometer, Nama Willem Wandik Menguat Jadi Calon Gubernur Papua Tengah

Lembaga penelitian Indo Barometer merilis hasil survei yang dilakukan 1-9 April 2024, di mana salah satunya memotret calon Gubernur Papua Tengah di Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga penelitian Indo Barometer merilis hasil survei yang dilakukan 1-9 April 2024, di mana salah satunya memotret calon Gubernur Papua Tengah di Pilkada 2024.

Berdasarkan pernyataan tertutup, Nama Willem Wandik meraih elektabilitas tertinggi dari calon lainnya untuk Papua Tengah. Hal ini berdasarkan simulasi dari enam nama yang disebut berpotensi menjadi calon gubernur.

“Willem Wandik paling banyak dipilih 20,5%, kemudian Yuni Wonda 9,1%, Isaias Douw 6,7%, Eltinus Omaleng 6,1%, Ateng Edowai 3,4%, dan Meki Fritz Nawipa 3,0%. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih, rahasia, belum memutuskan, tidak tahu atau tidak jawab sebesar 51%,” kata Peneliti Indo Barometer Christopher Nugroho dalam keterangannya, Kamis (20/6/2024).

Sedangkan untuk wakil gubernur, menurut dia, masih sangat dinamis sebab tidak ada tokoh yang unggul secara signifikan.

Christopher mengungkapkan, dari simulasi delapan nama, ada Timotius Murib yang menguat.

“Timotius Murib dipilih 6,3%, Eltinus Omaleng 4,9%, FX Mote 4,3%, Ateng Edowai 3,8%, Aloysius Giyai 3,5%, Yunus Wonda 3,4%, Yakobus Dumupa 2,7%, dan Herman Kayame 1,7%. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih/rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab 69.4%,” jelas Christopher.

Di sisi lain, tiga permasalahan mendesak yang harus segera dibenahi pemerintah provinsi Papua Tengah, ialah masalah keamanan, kemudian kondisi ekonomi rakyat.

“Permasalahan mendesak di Provinsi Papua Tengah yang paling banyak diungkap adalah masalah keamanan, sulitnya kondisi ekonomi rakyat, dan sulitnya lapangan pekerjaan,” kata Christopher.

Diketahui, survei Indo Barometer melibatkan sebanyak 820 responden yang mempunyai hak pilih, yaitu minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Margin of error sebesar + 3,42% pada tingkat kepercayaan 95%. Metode penarikan sampel adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKB Beri Rekomadasi ke Willem Wendik Jadi Cagub Papua Tengah

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyerahkan rekomendasi kepada Willem Wandik untuk menjadi calon gubernur Papua Tengah di Pilkada 2024.

Hal itu dikonfirmasi oleh Anggota Desk Pilkada DPP PKB, Ahmad Iman Sukri, melalui siaran pers diterima.

"Kami serahkan rekomendasi Bapak Willem Wandik sebagai calon Gubernur Papua Tengah," kata Iman seperti dikutip Minggu (2/6/2024).

Iman berharap rekomendasi tersebut dapat menjadi katalisator untuk menggalang koalisi. Dia meyakini sosok Willem Wandik mampu membangun jaringan dengan partai lain di Papua Tengah.

"Saya sangat yakin Pak Willem dapat membangun koalisi. Dan lebih yakin lagi Pak Willem mampu membungun Papua Tengah," ucap Iman.

Setelah mendapat rekomandasi itu, William pun berjanji siap membesarkan PKB di tanah Papua Tengah.

"Saya berterima kasih kepada keluarga besar PKB. Dengan rekomendasi ini, kita memiliki tanggung jawab besar membesarkan PKB," kata Willem usai menerima surat rekomendasi.

Willem bersyukur kehadirannya di PKB mendapat sambutan luar biasa dari Desk PilkadaDPP PKB. Hal itu dipastikan menjadi penyemangat untuk bergerak bersama PKB.

"Sambutan itu menjadi pemompa semangat bagi kami untuk terus bergerak mencari rekan koalisi," ujar Willem.

 

3 dari 3 halaman

Kantongi Rekomendasi Hanura

Menurut Willem, selain PKB, ia juga sudah mengantongi rekomendasi dari Partai Hanura. Dalam waktu dekat, Willem akan menyambangi partai lainnnya.

"Dengan adanya dukungan PKB membuat kami semangat. Saya yakin Tuhan akan membesarkan partai ini," ucapnya.

Willem percaya langkahnya di Pilkada 2024 akan mendapat dukungan dari masyarakat Papua Tengah. Dia pun meminta doa restu dari masyarakat agar bisa membawa amanat sebagai kepala daerah.

"Saya minta masyarakat Papua Tengah tetap berdoa, kita akan terus menyongsong perubahan ke arah yang lebih baik," dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini