Sukses

Soal Pilkada Jakarta, Sandiaga Uno: PPP Belum Beri Arahan

Sandiaga Uno mengatakan, sampai saat ini akan fokus menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Mencuat wacana Ketua DPP PAN Zita Anjani dipasangkan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sinyal tersebut muncul lantaran keduanya kompak melakukan olahraga bersama, pada Rabu 5 Juni 2024.

Sandiaga Uno mengaku, PPP sebagai partai yang menaunginya saat ini belum memberikan arahan kepada dirinya terkait Pilkada 2024.

"Saya menyerahkan keputusannya kepada pimpinan di mana saya bernaung PPP belum memberikan arahan," kata Sandiaga Uno di kawasan Jakarta, Minggu (9/6/2024).

Dia menegaskan, sampai saat ini akan fokus menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Jadi saya fokus saya di kementerian," ujar dia.

Sebelumnya, Zita melakukan olahraga bersama Sandiaga Uno di Jakarta. Sandiaga mengaku, keduanya kompak tidak hanya saat lari saja. Namun bakal kompak di November hingga seterusnya.

"Iya (kompak) sampai seterusnya dong, masa sampai November doang. Seterusnya dong," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Rabu 5 Juni.

Sandiaga juga memuji Zita Anjani terkait kiprahnya di DPRD DKI Jakarta. Dia mendoakan agar amanah yang diemban Zita bisa semakin tinggi ke depannya.

"Mba Zita amanah di DKI semakin tinggi dan semakin keren," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, sosok pemimpin perempuan di Jakarta sangat penting terutama di sektor ekonomi.

"(Peran perempuan) Super penting karena lebih dari 63 persen dari ekonomi Jakarta digerakkan oleh para perempuan," ucapnya.

Sandiaga optimistis kehadiran pemimpin perempuan mampu memberikan efek positif terhadap DKI Jakarta. Serta bisa turut berkontribusi terhadap perekonomian, khususnya di DKI Jakarta.

"Jadi kita harapkan lebih banyak peran perempuan menyehatkan Jakarta dan juga menggerakan ekonomi," ungkap Sandiaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Tetap Dorong Zita Anjani Jadi Cawagub di Pilkada Jakarta 2024

Ketua DPP PAN Saleh Daulay menyampaikan, saat ini partainya tetap fokus mendorong Zita Anjani sebagai maju Pilkada sebagai calon wakil gubernur Jakarta.

"Kami sangat senang. Ternyata, animo masyarakat pada Mpok Zita cukup tinggi. Buktinya, ada banyak respon positif yang disampaikan," kata Saleh, dalam keterangan resmi, Minggu (9/6/2024).

Dia menjelaskan, alasan PAN mendorong Zita, selain politikus perempuan yang mewakili generasi muda, Zita juga dikenal sebagai sosok yang mudah berinteraksi.

Zita dinilai bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan semua kalangan. Jika nanti jadi wagub, dipastikan akan sangat kontributif dalam membangun Jakarta dan memberdayakan masyarakatnya.

"Dalam dua minggu terakhir ini, ada sejumlah tokoh dan politisi yang bertemu dan berdiskusi dengan Mpok Zita. Temanya adalah simulasi paslon cagub dan cawagub Jakarta. Tidak hanya diskusi, tawaran pun sudah ada yang disampaikan," ungkap dia.

"Kami tentu tidak terburu-buru. Semua tawaran yang masuk kami simulasikan. Sekali maju, kami ingin agar Zita Anjani dan pasangannya terpilih," sambungnya.

Dia menyebut, pertimbangan itu sangat lumrah dilakukan sebab semua pihak ingin menang. Apalagi di Jakarta, ada banyak pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan. Ditambah pula dengan program-program lain yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

Namun, dia menyadari PAN tentu tidak bisa sendiri. PAN tetap berkoordinasi dengan KIM. Harapannya, di Pilkada Jakarta semuanya masih tetap bersama.

"Kami menyadari pilkada Jakarta tidak mudah. Butuh kerjasama dan sinergi dengan semua pihak. Tidak bisa menang-menangan sendiri. Kalau mau menang, libatkan semuanya," imbuh Saleh.

 

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini