Sukses

Prabowo-Gibran Unggul 58,46 Persen Suara, KawalPemilu Tak Temukan Indikasi Kecurangan Pemilu 2024

Dikutip dari situs kawalpemilu.org pada Kamis (14/3/2024), Prabowo-Gibran unggul di 34 provinsi dan dapil luar negeri dengan total 78.989.744 suara.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 58,46 persen berdasarkan hasil penghitungan sementara platform KawalPemilu.

Dikutip dari cuitannya di akun X, @KawalPemilu_org, KawalPemilu telah menyelesaikan penghitungan semua tempat pemungutan suara (TPS) yang terdapat data C Hasilnya. Cakupannya mencapai 677.413 TPS dari 823.366 TPS atau sekitar 82,27 persen.

Hasilnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 unggul dalam perolehan suara dari pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Md. Dikutip dari situs kawalpemilu.org pada Kamis (14/3/2024), Prabowo-Gibran unggul di 34 provinsi dan dapil luar negeri dengan total 78.989.744 suara.

Sementara pasangan Anies-Cak imin memperoleh 33.837.170 suara atau 25,04 persen, disusul pasangan Ganjar-Mahfud dengan perolehan 22.298.606 suara atau 16,50 persen.

"Di 30 persen cakupan TPS ini (di mana ada foto warga dan Sirekap), KawalPemilu membandingkan hasil hitungan KawalPemilu dengan KPU SIREKAP," tulis akun @KawalPemilu_org dikutip Kamis (14/3/2024).

KawalPemilu menyebut bahwa pihaknya tidak menemukan indikasi dugaan kecurangan Pemilu usai pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

"Dari penelitian ini, kami tidak menemukan indikasi kecurangan *pasca* pencoblosan Pilpres yang terstruktur & sistematis sehingga menguntungkan salah satu paslon. Hasil penelitiannya bisa dilihat di kpemi.lu/kpu," tulis akun @KawalPemilu_org.

Meski masih tersisa 17,3 persen cakupan TPS, KawalPemilu memprediksi hal tersebut tidak akan mengubah hasil penghitungan suara.

"Dengan hasil penghitungan suara REAL COUNT KawalPemilu 2024 masih tersisa 17,3% cakupan TPS. Namun secara data, tidak akan mengubah hasil penghitungan sementara. Oleh karena itu kami mengucapkan selamat kepada Paslon 02 yang menang satu putaran >50% pada Pilpres 2024," demikian akun @KawalPemilu_org.

KawalPemilu juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah mengirimkan foto C Hasil dari setiap TPS. Menurut KawalPemilu, partisipasi warga mengirimkan foto C Hasil mengalami kenaikan naik dari kurang dari 20 persen pada Pemilu 2019 menjadi 32,9 persen pada Pemilu 2024.

"Walaupun kami sebut tahun ini adalah tahun terburuk dalam cakupan TPS, namun kami ingin angkat topi dan APRESIASI seluruh masyarakat yang telah mengirim foto langsung dari TPS. Inilah semangat gotong royong & partisipasi politik yang patutu diacungkan jempol. Kudos untuk warga!" tambah akun @KawalPemilu_org.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggagas KawalPemilu Ainun Najib Ucapkan Selamat Atas Keunggulan Prabowo-Gibran

Ainun Najib, praktisi teknologi informasi dan penggagas situs KawalPemilu.org, mengucapkan selamat atas keunggulan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam satu putaran Pilpres 2024. Pasangan tersebut berhasil meraih suara hingga 58,44% menurut perhitungan KawalPemilu.

"Kami mengucapkan selamat kepada @prabowo dan @gibran_tweet telah memenangkan pilpres satu putaran saja dengan kira-kira 58% suara (hasil real count 82% foto TPS di kawalpemilu.org). Selamat menyambut hilal Ramadhan dan menunaikan ibadah di bulan suci ini. Semoga berkah," tulis Ainun di akun X pribadinya, @ainunnajib.

Ucapan itu mendapat respons beragam dari warganet, termasuk komentar bernada hujatan disertai bermacam tuduhan terhadap dirinya dan situs KawalPemilu oleh pendukung paslon 1 dan 3.

KawalPemilu melalui akun X resminya, @KawalPemilu_org, menampik setiap tudingan kecurangan atau keberpihakan yang dialamatkan kepada mereka.

Mereka juga mengungkapkan banyak donatur mereka pendukung paslon 1 dan 3 dan meminta atau berharap hasilnya sesuai dengan keinginan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini