Sukses

Pleno KPU Banten: Edison Sitorus Geser Yandri Susanto, Demokrat Tak Dapat Kursi

Anggota DPR RI periode 2024-2029 dari Dapil Banten II kemungkinan akan didominasi oleh caleg pendatang baru.

Liputan6.com, Jakarta Enam Calon Legislatif atau Caleg DPR RI Dapil Banten II yang meliputi Kota Cilegon, Kabupaten Serang, dan Kota Serang) sudah bisa dilihat dari Pleno KPU Provinsi Banten pada Minggu (10/3/2024) lalu.

Berdasarkan pleno rekapitulasi KPU Provinsi Banten, dari enam caleg yang memperoleh suara terbanyak dan nantinya akan berkantor di Senayan, empat di antaranya merupakan caleg pendatang baru. Caleg Partai Amanat Nasional Edison Sitorus bahkan mengalahkan Ketua MPR, Yandri Susanto yang merupakan anggota DPR RI petahana.

Selain itu, politikus Demokrat Nuraeni juga tergeser dari dapil tersebut

Berdasarkan rekepitulasi KPU Provinsi Banten, caleg yang memperoleh suara terbanyak pertama yakni dari partai NasDem, Furtasan Ali 144.953 suara, kemudian diikuti Annisa M.A Mahesa 122.469 suara dari Partai Gerindra, Edison Sitorus 113.815 dari Partai PAN.

Kemudian, caleg PDIP Syarifah Ainun Jariyah dengan perolahan suara 83.565, diikuti caleg PKS Jazuli Juwaini sebanyak 82.687 suara, dan terakhir TB. Haerul Jaman dari Partai Golkar dengan perolehan suara 81.687 suara.

Sementara, untuk gabungan suara partai politik ditambah caleg, PAN menduduki peringkat pertama yakni 244.983 Suara, NasDem 208.804 suara, Gerindra 197.429 suara, Golkar 174.577 Suara, PKS 165.436 suara, dan PDIP 143.703 suara.

Diketahui, pada Pileg 2019 Anggota DPR RI dari Dapil Banten II diisi oleh Durotun Nafisah dari Partai Gerindra, Ichsan Soelistio dari PDIP, kemudian Tb Haerul Jaman dari Partai Golkar.

Selanjutnya, ada Jazuli Juwaini dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Yandri Susanto dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan terakhir Nuraeni dari Partai Demokrat.

Jika dilihat dari perolehan caleg suara terbanyak, Anggota DPR RI periode 2024-2029 kemungkinan akan didominasi oleh caleg pendatang baru yakni, Furtasan Ali Yusuf, Annisa M.A Mahesa, Edison Sitorus, dan Syarifah Ainun Jariyah. Sementara, dua caleg incumbent yang tetap bertahan yakni Jazuli Juwaini, dan TB. Haerul Jaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KPU Banten Lakukan Pleno Rekapitulasi Suara

KPU Banten resmi memulai rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024. Rapat terbuka itu berlangsung sejak 7-10 Maret 2024, di Aula KPU Banten, Kota Serang.

Sebelumnya, sudah dilakukan pleno suara di tingkat PPK atau kecamatan, kemudian kabupaten dan kota.

Sebelum perhitungan tingkat KPU Banten, sempat diwarnai dugaan penggelembungan suara PSI di Kota Cilegon, maupun Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kota Serang.

"Mudah-mudahan sebelum tanggal 10 Maret sudah selesai. Prinsipnya rapat pleno terbuka ini sudah dilakukan secara berjenjang, mulai dari PPK, hingga kabupaten kota. Kita melaksanakan apa yang sudah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan," ujar Mohamad Ihsan, Ketua KPU Banten, di lokasi, Kamis, (07/03/2024).

KPU Banten berharap proses rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Provinsi Banten berjalan dengan lancar karena sudah dilakukan secara berjenjang mulai dari kecamatan hingga kabupaten dan kota.

Sedangkan, tampilan perubahan Sirekap yang menghilangkan bagan prosentase perolehan suara di Pilpres 2024, KPU Banten tidak bisa berbuat banyak, karena itu menjadi kewenangan KPU RI.

"Terkait Sirekap ada di (KPU) RI dan ini kebijakan ada di (KPU) RI, kami hanya pengguna," Ihsan mengatakan.  * Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.2 dari 2 halaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini