Sukses

Kaesang Pangarep: Selamat Pak Prabowo dan Mas Gibran Sudah Memenangi Pilpres versi Quick Count

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep turut memberikan selamat kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran atas kemenangan dalam hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep turut memberikan selamat kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas kemenangan dalam hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2024.

“Izinkan saya memberikan selamat kepada masyarakat Indonesia yang di mana di akhir 2024 nanti. Mungkin bulan Oktober akan mempunyai pemimpin yang baru,” kata Kaesang kepada awak media di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024).

Kaesang juga mengucapkan terimakasih kepada para penyelenggara pemilu yang sudah bekerja dalam Pemilu 2024.

“izinkan saya juga mengucapkan selamat buat Pak Prabowo dan Mas Gibran yang dimana sekarang sudah memenangi Pilpres versi quick count yang dimana Kita juga harus menunggu lah untuk hasil rekapitulasi langsung dari KPU,” tuturnya

Selain itu, Kaesang turut mengucapkan terimakasih kepada para anggota dan pendukung PSI yang telah bekerja selama 75 hari masa kampanye untuk mempromosikan partai berlogo mawar itu ke masyarakat.

“Kita juga sudah melihat hasilnya yang untuk DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten kota yang di mana Insya Allah hasilnya cukup baik peningkatannya sekitar 400%. Yang di mana sekarang kita punya anggota dewan di provinsi itu 13 dan Alhamdulillah sekarang mungkin hampir 50,” kata Kaesang.

“Tapi kan kita juga harus menunggu hasil-hasilnya dan untuk DPR RI balik lagi saya instruksikan untuk teman-teman semua untuk selalu menjaga dan mengawal proses suara. Karena balik lagi rekapitulasi dari KPU kan belum rampung dan kita harus menghargai suara masyarakat,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Kaesang soal Hasil Quick Count PSI untuk DPR di Bawah 4%

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku optimistis partainya bisa lolos DPR atau ke Senayan di Pemilu 2024, meski dari hasil hitung cepat tidak tembus 4% yang merupakan ambang batas parlemen.

“Balik lagi kita harus menunggu hasil lengkap dari rekapitulasi dari KPU. Kita juga kan sekarang masih proses, jadi kita tunggu,” kata Kaesang kepada awak media di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (16/2).

Sebab dari hasil quick count sejumlah lembaga survei rata-rata hanya menempatkan perolehan suara PSI dalam perebutan legislatif DPR RI di angka 2,9%, masih jauh dari ambang batas 4% parlemen.

Meski begitu, Kaesang menyatakan prestasi partai berlogo mawar itu, untuk perolehan suara di tingkat legislatif provinsi dan tingkat Kabupateb/Kota meraih suara empat kali lipat dari Pemilu 2019.

“Kita juga sudah melihat hasilnya yang untuk DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten kota yang di mana insya Allah hasilnya cukup baik peningkatannya sekitar 400%."

"Yang di mana sekarang kita punya anggota dewan di provinsi itu 13 dan Alhamdulillah sekarang mungkin hampir 50,” tambah dia.

3 dari 3 halaman

Kawal Penghitungan Suara

Kaesang meminta semua kader untuk mengawal segala proses perhitungan suara sampai rekapitulasi selesai di KPU Pusat. Agar suara PSI khususnya untuk DPR bisa tetap terjaga.

“Karena balik lagi rekapitulasi dari KPU kan belum rampung dan kita harus menghargai suara masyarakat. Oleh karena itu saya selalu menginformasikan, saya menginstruksikan untuk selalu mengawal suara masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Di sisi lain, Juru Bicara PSI, Irma Hutabarat menyoroti perihal tingginya surat suara tidak sah yang ditemukan pada Pemilu 2024. Dimana angkanya dari temuan PSI bisa mencapai 20 persen lebih

“Artinya, bukan hanya suara PSI saja yang mungkin tidak sah atau rusak atau mengalami pengurangan, berarti kan ada yang terbuang,” kata Irma.

Irma menyatakan persoalan surat suara tidak sah yang masih terjadi pada pemilu 2024 harus dilihat sebagai isu krusial, karena banyaknya suara masyarakat yang terbuang.

“PSI di sini mengatakan bahwa kami sigap, kami membuka posko aduan yang tadi dikatakan Sis Francis kami juga mengimbau kader-kader kami untuk mengawal, namun partai-partai lain juga pasti akan menanggapi yang sama,” kata dia.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.