Sukses

Masuki Masa Tenang, Relawan Progresif dan Langit Biru Pertiwi Kolaborasi Bersihkan APK

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah organisai relawan yang terdiri dari Relawan Progresif bersama komunitas, termasuk Langit Biru Pertiwi yang dipimpin Nadia Mulya, Komunitas Penguin, dan Banteng Muda Indonesia, melakukan aksi bersih-bersih alat peraga kampanye (APK) di wilayah Jakarta Selatan, memasuki waktu tenang, Minggu, 11 Februari 2024 dini hari.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi positif antara elemen masyarakat dan pemerintah, mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Bawaslu DKI Jakarta.

Direktur Nasional Progresif, Eka Sastra, menjelaskan kegiatan yang ia namai "Bersih APK dengan Kampanye Hijau" ini dilandasi oleh dua tujuan. Pertama, untuk menyebarkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, terutama di masa transisi pasca kampanye yang penuh dengan APK.

Kedua, untuk membantu meringankan beban Bawaslu dan Satpol PP DKI Jakarta dalam menertibkan APK yang tidak terpasang sesuai aturan.

"Melihat banyaknya APK yang terpasang di tempat tidak semestinya, seperti di pohon dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), yang membahayakan manusia dan lingkungan, kami tergerak untuk membantu," ungkap Eka.

Lebih dari sekadar membersihkan APK, Eka menegaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengembalikan keindahan Ibu Kota Jakarta dan menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

"Aksi ini menjadi simbol partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan kota. Kami ingin menunjukkan bahwa masyarakat juga bisa berkontribusi dalam menciptakan Pemilu 2024 yang bersih dan damai," tegas Eka.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangat Kolaborasi dan Antusiasme Relawan  

 

Andrian Wanabakti Cader, Sekretaris Humas Progresif, mengapresiasi semangat para relawan yang dengan antusias turun tangan membersihkan APK.

"Aksi ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dan partisipasi aktif dalam menjaga keindahan kota. Mari bersama-sama kita jaga Jakarta agar tetap bersih dan asri," kata Andrian.

Kegiatan ini diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Walikota Jakarta Selatan, Munjirin di Gedung Smesco. Ratusan petugas Satpol PP DKI Jakarta bersama relawan Progresif dan komunitas bergerak serentak membersihkan APK di berbagai wilayah Jakarta Selatan.

Progresif dan komunitas lainnya fokus membersihkan APK di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Gatot Subroto, Jalan menuju arah Pancoran, area Blok M, dan sekitar MRT Asean.

Andrian menegaskan Aksi "Bersih APK dengan Kampanye Hijau" menjadi contoh nyata kolaborasi positif antara elemen masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang bersih, damai, dan ramah lingkungan.

"Setelah bersih-bersih ini, kami ingin mengirimkan pesan bahwa wilayah Jakarta harus kembali bersih, seperti pemilu kita yang harus bersih, jujur, dan adil," ujar Andrian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.