Sukses

Suara Tembus 51 Persen Lebih di Seluruh Lembaga Survei, Zulhas: Prabowo-Gibran Sekali Putaran

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan meyakini Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bisa menang Pilpres 2024 satu putaran.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan meyakini Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bisa menang Pilpres 2024 satu putaran. Menurut dia, hasil seluruh lembaga survei menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran berada di atas 51 persen.

"Saya kira kita bisa lihat secara scientific, seluruh lembaga survei memperkirakan 53, 54 (persen)," kata pria yang kerap disapa Zulhas ini usai menghadiri kampanye akbar Prabowo-Gibran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

"Saya kira bisa lebih, kan masih ada yang belum memilih. Jadi saya kira bisa 53 persen," sambung dia.

Dia mengatakan, hasil survei itu bisa terlihat dengan banyaknya pendukung maupun masyarakat yang menghadiri kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK. Zulhas menuturkan kampanye akbar ini menunjukkan Indonesia yang damai, adil, dan sejahtera.

"Itulah gambar dari kampanye akbar hari ini. Insyaallah sekali putaran Prabowo-Gibran menjadi presiden terpilih," ujar Zulhas.

Menteri Perdagangan itu menyampaikan bahwa Prabowo merupakan sosok rendah hati dan membawa perdamaian. Untuk itu, Zulhas memastikan Prabowo akan mencintai dan memimpin masyarakat baik yang mendukungnya atau tidak.

"Jadi beliau Insyaallah terpilih menjadi presiden kita dan seluruh Indonesia," ucap Zulhas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Survei LSI Denny JA

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA membuat simulasi survei terbaru tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden pada pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Hasilnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh keterpilihan paling tinggi mencapai 53,5 persen.

Berikutnya, pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 21,7 persen, dan pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md 19,2 persen. Sedangkan suara tidak sah 0,1 persen dan rahasia atau tidak menjawab 5,5 persen.

Direktur LSI Denny JA Adjie Alfaraby mengatakan, pihaknya membuat simulasi kertas suara dan responden mencoblos kertas yang diberikan itu.

"Dari simulasi kertas suara ini, 10 hari jelang hari pencoblosan Prabowo-Gibran tetap unggul dengan angka mencapai 53,5 persen," kata Adjie dalam rilis surveinya secara daring, Jumat (9/2/2024).

 

3 dari 3 halaman

Survei Indikator Politik Indonesia

Indikator Politik Indonesia juga membuat simulasi terbaru survei tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka meraih angka keterpilihan tertinggi sebesar 51,8 persen.

Kemudian, urutan kedua ditempati paslon 01 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan raihan 24,1 persen. Sedangkan, paslon 03 Ganjar Pranowo - Mahfud Md memperoleh 19,6 persen. Sedangkan tidak menjawab 4,5 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, menyebut peluang terjadinya pilpres dua putaran masih terbuka. Namun, jika tren angka 51,8 persen Prabowo-Gibran terus naik maka potensi satu putaran cenderung meningkat.

"Apakah angka 51,8 persen ini menunjukkan pemilu Rabu depan akan berlangsung satu putaran atau tidak nanti kita bsia diskusikan, tetapi yang bisa kami katakan karena masih ada margin of error masih ada peluang dua putaran," kata Burhan saat memaparkan survei Indikator secara daring, Jumat (9/2/2024).

"Tetapi angka 51,8 persen dan tren naik yang masih berlangsung buat Pak Prabowo-Gibran maka maka saya bisa mengatakan atau potensi probabilitas satu putaran meningkat," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini