Sukses

Ganjar Berkomitmen Beri Insentif untuk Guru Agama dan Guru Ngaji se-Indonesia

Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memberikan insentif kepada guru agama dan guru ngaji se-Indonesia, termasuk di Jawa Barat (Jabar) jika terpilih dalam Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memberikan insentif kepada guru agama dan guru ngaji se-Indonesia, jika terpilih dalam Pilpres 2024.

Ganjar mengaku, bakal menerapkan program tersebut hingga guru agama bisa benar-benar mendapatkan perhatian.

"Ada harapan (insentif guru ngaji) dan diceritakan apa yang ada di Jawa Tengah dan kami akan nasionalkan. Saya kira sama dengan harapan-harapan yang ada di Jawa Barat di Garut 'Pak Ganjar itu kok bisa', bisa nanti kita nasionalkan juga bisa," kata Ganjar dilansir dari Antara, Selasa (6/2/2024).

Ganjar menambahkan, program insentif guru agama telah diperhitungkan dengan matang hingga ke alokasi anggarannya. Ia menyebutkan, bakal menyisihkan Rp4 triliun dari APBN untuk menyejahterakan guru agama dan guru ngaji.

Program tersebut, lanjut Ganjar, juga beriringan dengan komitmen pelaksanaan Undang-Undang (UU) Pesantren. UU tersebut juga pernah didorong Ganjar saat masih menjabat gubernur Jawa Tengah.

"Yang penting dengan Undang-Undang Pesantren itu ada, legalitasnya siap, administrasinya siap, nanti akhirnya akan bisa bekerja sama. Tentu saja guru agama yang ada, saya kira bisa diberikan seperti apa yang pernah kami lakukan di Jawa Tengah," tambah Ganjar.

Sementara, Pemimpin Pondok Pesantren Fauzan, KH Aceng Abdul Mujib di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat menyambut baik, program insentif bagi guru agama dan guru ngaji.

Ia mengaku, sangat mengapresiasi Ganjar terhadap kepedulian dan perhatiannya kepada kalangan pengajar agama, khususnya ulama dan santri yang telah memberikan kontribusi besar untuk bangsa dan negara.

"Pejabat yang tahu diri bahwa santri adalah rakyat Indonesia, kiai bagian dari masyarakat Indonesia yang memberikan kontribusi besar sejak saat melawan penjajah sampai hari ini santri dan kiai tetap pasang badan untuk membela NKRI," katanya.

Adapun program tersebut akan ditingkatkan Ganjar ke nasional dan telah resmi masuk program Ganjar-Mahfud. Oleh sebab itu, KH Aceng diikuti belasan ribu santri menjatuhkan pilihannya untuk Ganjar-Mahfud agar nasib pengajar agama bisa lebih sejahtera.

"Ketika seorang pejabat menghargai kiai, santri menghargai para pejuang ulama-ulama terdahulu yang ikut mendirikan negeri tercinta ini, saya yakin Indonesia ke depan akan jadi negara besar, kita semua akan sejahtera," ucap KH Aceng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Komentari Pernyataan Kaesang soal Bansos

Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pernyataan Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang menyebut bantuan sosial (bansos) dikorupsi di masa pandemi lebih bermasalah ketimbang bansos dipolitisasi di masa Pemilihan Umum (Pemilu).

Ganjar menegaskan tidak ada yang lebih baik saat hak rakyat disalahgunakan. Dia menegaskan, bahwa kedua penyalahgunaan bansos tersebut harus ditindak tegas.

"Ya dua-duanya disikat saja. Jangan korupsi dan jangan politisasi gitu loh," kata Ganjar saat ditemui di Bekasi, Jawa Barat Senin (5/2/2024).

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini memastikan bahwa pihaknya berkomitmen kuat dalam memberantas hal yang tidak sesuai dengan hukum, apalagi korupsi. Sebab dirinya dididik oleh partai yang tidak berkompromi dengan korupsi. 

“Kalau ada dari kita korupsi, disikat,” kata Ganjar menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.