Sukses

Gibran Janjikan Seniman dan Budayawan Punya Panggung di Dunia

Menurutnya, berdiskusi dengan para pelaku seni dan budaya saat ini adalah tepat dilakukan. Sebab, ini berkaitan dengan tema debat atau adu gagasan Calon Presiden dan Wakil Presiden dengan tema kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi.

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Kandang Dik Doank di Tangerang Selatan (Tangsel). Dalan kunjungannya, dia menggelar diskusi dengan para seniman.

"Kita pengen intelektual property (IP) seniman bisa dijadikan jaminan bank, musisi punya lagu, lagunya punya IP, itu bisa nambah modal, bisa dijaminkan ke bank, kita pengen ide inovasi itu bisa dinilai harganya kemarin yang banyak dibahas itu," ujar Gibran, Sabtu (3/2/2024).

Menurutnya, berdiskusi dengan para pelaku seni dan budaya saat ini adalah tepat dilakukan. Sebab, ini berkaitan dengan tema debat atau adu gagasan Calon Presiden dan Wakil Presiden dengan tema kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi.

"Jadi penting sekali bagi kami mendapatkan masukan-masukan, evaluasi dari bapak ibu semua, terutama para penggiat seni dan kebudayaan,"ujarnya.

Misalnya saja, Gibran menginginkan seniman dan pelaku budaya Indonesia memiliki peluang atau kesempatan yang sama manggung di negeri orang. Seperti dia yang berhasil membawa seniman Solo ke Paris beberapa waktu lalu, dimana bukan sekadar pentas di KBRI, melainkan menutup jalan dan tampil di salah satu depan gedung di Paris.

"Waktu itu kita tari tradisional, gamelan, ada mbak Anggun juga, jadi kita pengen kebudayaan kita tuh dilihat. Di dekat situ juga ada mal, termasuk mal tertua ada 4 lantai, kita isi salah satunya dengan produk UMKM asal Solo yang sudah diakurasi oleh pengusaha Paris,"tutur Gibran.

Jadi sebenarnya, bila produk UMKM dan pelaku kebudayaan Indonesia diberi kesempatan, dikawal prosesnya dari A hingga Z. Mulai dari packaging, branding, digital marketing, hingga permodalannya, pasti punya kesempatan yang luar biasa di dunia internasional.

"Jadi, penting bagi kami untuk mendapatkan masukan-masukan, evaluasi dari bapak ibu semua untuk kebudayaan dan UMKM kita semakin maju di mata dunia,"ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Pemilu Damai

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kembali menerima dukungan dari elemen masyarakat untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 02. Kali ini dukungan datang dari Relawan Kolaborasi Patriot Indonesia (KOPI) untuk Prabowo Gibran.

Deklarasi dukungan dari Relawan KOPI secara resmi diterima Wakil Komandan Golf Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Fauzi Baadilla, di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (3/2/2024).

Fauzi mengatakan, dukungan dari masyarakat yang terus mengalir kepada paslon nomo urut 02 menjadi tambahan energi untuk pemenangan Prabowo-Gibran. Dia mengajak para relawan untuk mengkamapanyekan program kerja Prabowo-Gibran dengan riang gembira dan bersama-sama mewujudkan pemilu damai.

"Siapapun tak terkecuali, tidak memandang umur, usia, jabatan, bahwa siapapun yang mau mendukung Pak Prabowo harus dengan pedoman damai, rukun, sejuk, tidak boleh mengusung isu sara," katanya.

Dalam kesempatan itu, Fauzi mengingatkan kembali pesan Prabowo agar menjalankan amanat pemilu damai tanpa menebar fitnah dan kebencian.

"Tidak boleh di ruang publik mengobarkan permusuhan, tidak boleh menjadi agen perpecahan. Semua di barisan depan pendukung Pak Prabowo harus menjadi agen perekat, bukan agen pemecah baik di luar maupun di dalam," katanya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.