Sukses

Anies Janji Bangun 11 Stadion Bertaraf Internasional

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, janji akan membangun 11 stadion sepak bola bertaraf internasional di beberapa kota Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, janji akan membangun 11 stadion sepak bola bertaraf internasional di beberapa kota Indonesia.

Hal itu disampaikan Anies Baswedan pada saat menghadiri acara dialog pembangunan olahraga di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu malam (20/1/2024).

"Kami berencana untuk membangun stadion sekurang-kurangnya 11 berskala internasional se-Indonesia," kata Anies.

Ia menjelaskan stadion bertaraf internasional tersebut nantinya akan menggunakan standar FIFA dengan konsep green building atau ramah lingkungan.

Selanjutnya, stadion itu bakal dipasangkan rumput yang sekiranya dapat bertahan lama meskipun telah berkali-kali dipakai. Bahkan akan ada juga fasilitas olahraga publik dan lapangan latih.

"Lapangan latih yang kita bangun itu menggunakan rumput artifisial, supaya lapangan itu bisa digunakan sebanyak-banyaknya tanpa ada penurunan kualitas rumput," kata capres yang diusung Koalisi Perubahan.

"Kalau kita gunakan rumput alami ada batasnya bisa pakai. Kalau rumput artifisial, dia bisa digunakan 20 kali, 25 kali, 30 kali, masih oke aman dipakai. Sehingga tidak ada penurunan kualitas dan bisa dipakai sebagai tempat berlatih," Anies menjelaskan.

Kendati demikian, ia tidak merinci di kota mana saja yang akan dibangun stadion bertaraf internasional itu. Namun beberapa di antaranya sudah diluncurkan seperti stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar.

"Kemudian yang sudah kita luncurkan yang kedua adalah ini di Stadion Wassaka, di Banjarmasin di Kalimantan Selatan, dua ini yang kita bangun," kata Anies.

Menurut Anies, pembangunan stadion berkelas dunia itu tidak terlalu sulit dilakukan. Hal itu mendasarkan ketika dirinya menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta dengan membangun Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Asalkan dalam pembangunan tersebut secara betul sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin dapat terwujud.

"Pengalaman kami membangun ini bukan sesuatu yang rumit asal dikerjakan secara serius. Ada orang-orang yang ditugasi dengan tanggung jawab yang jelas," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Jadi Presiden, Anies Janji Jamin Masa Tua Para Atlet Indonesia

Anies juga menjanjikan akan memperhatikan kehidupan mantan atlet Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa.

Menurut Anies, saat ini banyak mantan atlet yang kurang beruntung meskipun telah banyak membawa nama Indonesia ke kancah Internasional di berbagai cabang olahraga. Seharusnya, kata dia, pemerintah turun tangan untuk mensejahterakan para pahlawan olahraga itu.

"Saya rasa pemerintah harus turun tangan, memberikan hari tua kepada setiap atlet yang pernah membawa Indonesia menjadi juara 1 di level internasional. Baik di level olimpiade, baik itu level Asian Games, SEA Games, maupun kejuaran dunia, sehingga memiliki masa tua yang tenang," ujar Anies Baswedan.

Ia pun berjanji bila nantinya memenangi pilpres 2024 bakal menjamin masa tua para atlet berprestasi.

Tidak hanya itu, Anies juga akan menginisiasi museum prestasi atlet Indonesia sebagai upaya jasa-jasa mereka akan menjadi inspirasi bagi penerusnya.

"Bayangkan kalau ada tempat itu, lalu tiap cabor mulai berprestasi dari tahun 50, 60, semua membawa nama Indonesia di tingkat global. Jadi satu namanya dikenang dan jadi inspirasi. Dan kedua, masa tuanya tenang," ujar Anies Baswedan.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.