Sukses

Profil Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar, Moderator Debat Keempat Pilpres 2024

August Mellaz menjelaskan, alasan memilih keduanya karena dilihat berdasarkan kompetensi dan sosok yang mumpuni karena pengalaman keduanya sebagai seorang jurnalis.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan menyelenggarakan debat ke empat Pilpres 2024, Minggu 21 Januari 2024. Pada kesempatan tersebut, dua orang moderator sudah ditunjuk untuk memandu jalannya debat tersebut.

“Dua orang moderator debat ke empat Pilpres 2024, semuanya perempuan, mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI Jakarta, Rabu (17/1/2024).

August Mellaz menjelaskan, alasan memilih keduanya karena dilihat berdasarkan kompetensi dan sosok yang mumpuni karena pengalaman keduanya sebagai seorang jurnalis. Selain itu, kedua nama terkait juga sudah mewakili dari dua stasiun tv yang akan bertindak sebagai penyelenggara siaran yakni EMTEK Group (SCTV-Indosiar) dan Metro TV.

“Ya kalau ini sih urusannya pengalaman, kompetensi, dan kemudian mewakili juga dari stasiun televisi penyelenggara dengan mengajukan figur-figur yang sangat kompeten,” ungkap Mellaz.

Berdasarkan rekam jejak digital, bukan hal baru bagi Retno Pinasti menjadi moderator debat Pilpres. Pada 2019, Retno juga berkesempatan melakoni hal yang sama.

Retno bukan sosok baru di industri media. Dia adalah seorang jurnalis dengan segudang pengalaman dan latar keilmuan yang mumpuni. Sosok perempuan kelahiran 10 Januari 1976 ini adalah lulusan UGM pada jurusan bahasa inggris pada jenjang strata satu. Dia melanjutkan kuliahnya di University of London, U.K untuk mengambil gelar master of Television Journalism.

Karirnya sebagai wartawan sudah malang melintang. Mulai dari TVRI, Liputan6, hingga VOA di Washington DC. Sebagai informasi, saat ini Retno dipercaya sebagai pemimpin redaksi untuk Liputan 6 SCTV.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zilvia Iskandar

Senada dengan itu, Zilvia Iskandar juga merupakan news anchor yang andal. Perempuan kelahiran 2 Februari 1990 ini sudah bergabung dengan Metro TV sejak 2012.

Dihimpun dari pelbagai sumber. Zilvia pernah meraih penghargaan bergengsi pada ajang Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2017, sebagai Presenter Berita Terbaik.

Saat ini Zilvia Iskandar membawakan program-program unggulan Metro TV, seperti Headline News, Metro Hari Ini, Primetime News, dan Prime Talk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.