Sukses

Cegah Kecurangan, Cak Imin Minta Saksi di TPS Harus Bawel

Cak Imin juga meminta para relawan di Banten, khususnya Tangerang untuk memperjuangkan agar pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bisa menang tebal, sehingga tidak bisa dicurangi.

Liputan6.com, Tangerang - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin meminta para saksi yang ditempatkan di tiap tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu 2024 mendatang, memiliki karakter yang cerewet untuk mencegah kecurangan.

Harapan tersebut disampaikan Cak Imin saat menghadiri Silahturahmi dan Konsolidasi Pemenangan Simpul Relawan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang,  Banten, Rabu (27/12/2023).

“Tolong partai koalisi sediakan saksi-saksi di tiap TPS. Kalau perlu, saksi yang perempuan yang cerewet, laki-laki yang berkumis tebal. Atau gini saja, kita sepakati yang menjadi saksi harus bawel. Jangan terima apa adanya, harus kita telusuri, berapa pun suaranya harus kita awasi, setuju?!” ujar Cak Imin yang dijawab gemuruh ‘setuju’ oleh ribuan relawannya.

Para saksi juga diminta untuk mengawasi perjalanan surat suara yang berada di kotak seusai pemungutan suara, mulai dari TPS, KPU daerah, hingga penghitungan akhir di KPU pusat.

Menurutnya, kalau tidak diawasi bisa bahaya. Bisa saja terjadi kecurangan saat proses pengantaran suara.

Cak Imin juga memotivasi agar AMIN di Provinsi Banten terutama di Tangerang bisa menang tebal, bukan hanya sekedar menang. Sebab, kalau hanya sekedar menang, masih bisa dicurangi.

“Jadi tugas kita sekarang ada tiga. Menang tebal, punya saksi di TPS, dan pengawasan melekat,” ucap Muhaimin Iskandar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Anies-Cak Imin Harus Menang Tebal di Banten

Pihaknya pun, menargetkan kemenangan suara di Banten minimal 60 persen. Hal tersebut untuk mendukung suara di Jawa Tengah yang disebut Cak Imin 'ketat'.

"Banten kita sudah menang tipis, kita harus pertebal untuk menambal suara di Jawa Tengah, karena Jawa Tengah ini 'ketat', sementara Jawa Timur PKB pemenang, Jawa Barat InsyaAllah menang, jadi kita bisa menang, makanya antisipasinya adalah semua kecurangan kita lawan, saya tidak takut," ucap Cak Imin.

Untuk itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun memberi sejumlah pekerjaan rumah kepada relawan AMIN di berbagai daerah di Provinsi Banten.

Sebab hingga saat ini di Provinsi Banten diprediksi suara paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar belum menang tebal, sehingga potensi kecurangan masih bisa terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.