Sukses

Debat Capres Perdana, KPU: Panelis Tidak Bertanya, Semua Disampaikan Moderator

Debat capres cawapres akan dilangsungkan pada malam nanti pukul 19.00 WIB di Kantor KPU Republik Indonesia, Jalan Imam Bonjol Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Konsep dan teknis debat perdana calon presiden  2024, semakin rinci. Kali ini, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menegaskan 11 orang yang didapuk menjadi panelis tidak akan melontarkan pertanyaan karena hal itu menjadi tugas moderator.

“Enggak, kalau pertanyaan nanti yang sampaikan moderator. Semuanya dari moderator,” kata Hasyim kepada awak media, seperti dikutip Selasa (12/12/2023).

Terkait alasan mengapa panelis tidak bisa bertanya langsung kepada para kandidat, menurut Hasyim hal itu dikarenakan ruang bertanya akan lebih diberikan kepada para kandidat agar saling berinteraksi.

“Kalau seperti itu (panelis bisa bertanya) kesempatan antar capres berinteraksi berkurang. Justru yang kita utamakan itu interaksi yang paling banyak antar calon,” jelas Hasyim.

Diketahui, debat capres cawapres akan dilangsungkan pada malam nanti pukul 19.00 WIB di Kantor KPU Republik Indonesia, Jalan Imam Bonjol Jakarta.

Debat akan berjalan selama 150 menit dengan total enam segmen. Sebagai informasi pada segmen pertama adalah sesi untuk penajaman visi misi yang disampaikan oleh masing-masing kandidat, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Pada segmen kedua hingga kelima, masing-masing dari kandidat akan mengambil pertanyaan secara acak yang sudah disusun oleh 11 panelis. Pada segmen tersebut, para kandidat diperbolehkan saling berinteraksi dan menanggapi jawaban yang disampaikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Panelis

Segmen terakhir atau ke enam, penutup. Nantinya para kandidat dipersilakan membuat closing statement dari tema debat hari ini yaitu Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Berikut 11 daftar nama beserta latar belakangnya yang akan menjadi panelis hari ini:

  1. Pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati
  2. Pakar Ilmu Politik Undana Rudi Rohi
  3. Ahli Hukum Tata Negara Undip Lita Tyesta ALW
  4. Pakar Hukum Unand Khairul Fahmi
  5. Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto
  6. Pakar Tata Hukum Negara UNPAD Susi Dwi Harijanti
  7. Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono
  8. Ketua Komnas HAM 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik
  9. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin
  10. Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto
  11. Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.