Sukses

Relawan Pengusaha Muda Dukung Prabowo Ciptakan Industri Mobil Nasional

Sekretaris Jenderal Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Alvin Kennedy menyebut pihaknya mendukung penuh ambisi Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menciptakan Mobil Nasional sebagai bagian revitalisasi industri otomotif nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Alvin Kennedy menyebut pihaknya mendukung penuh ambisi Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menciptakan Mobil Nasional sebagai bagian revitalisasi industri otomotif nasional.

"Dukungan ini sejalan dengan inisiatif energi hijau dan kendaraan listrik, yang tidak hanya menunjukkan komitmen Indonesia dalam menurunkan tingkat emisi karbon dioksida (CO2), tetapi juga mendukung aktif pencapaian program global Net Zero Emission (NZE)," ujar Alvin dalam keterangannya, Selasa (5/12/2023).

Alvin menekankan inisiatif GreenEnergy & Electric Vehicle (EV) bukan hanya merupakan langkah besar bagi Indonesia dalam industri otomotif, tetapi juga menegaskan tekad menjadi pemimpin manufaktur otomotif di kawasan ASEAN.

Selain itu, hal ini juga menunjukkan kemampuan Indonesia dalam mengelola sumber daya manusia secara mandiri dan mengoptimalkan proses hilirisasi mineral nikel dan sumber energi hijau lainnya.

"Sebagai negara dengan populasi hampir 300 juta jiwa, Indonesia harus berdiri di barisan terdepan dalam inovasi industri otomotif. Dengan keahlian engineering yang luar biasa dan ketersediaan bahan baku yang melimpah, sudah saatnya kita memiliki Mobil Nasional," kata Alvin.

Alvin menyebut, keberadaan Mobil Nasional sejalan dengan visi pemerintah dalam mengakselerasi pertumbuhan industri dalam negeri sambil menunjukkan kemajuan dan kemampuan bangsa.

"Realisasi Mobil Nasional dapat menjadi awal dari ekosistem industri yang berkembang, mencakup manufacturing serta menciptakan peluang bisnis baru dalam bidang industri, ritel, layanan purna jual (after sales service), serta UMKM pendukung," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunakan Kendaraan Listrik

Tidak hanya sekadar dukungan retoris, Repnas juga aktif mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik dalam berbagai kegiatan kampanye sebagai wujud konkret dukungan mereka terhadap Program Prabowo-Gibran.

"Dorongan ini menandai babak baru bagi Indonesia, bukan hanya dalam pencapaian kemajuan teknologi dan industri, tetapi juga dalam menekankan pentingnya keberlanjutan lingkungan. Ini juga merupakan bagian dari rencana Repnas untuk menciptakan dua juta entrepreneur baru yang ikut serta dalam membangun sektor-sektor terkait," Alvin menandaskan.

Sebelumnya, Calon Presiden (Capres) Prabowo dalam kampanyenya mengaku akan membuat industri di dalam negeri lebih mandiri, salah satunya industri otomotif. Prabowo berkampanye Indonesia akan memiliki mobil buatan dalam negeri.

Hal ini diungkapkan Prabowo dalam orasi politiknya pada kegiatan doa bersama 2.000 kiai se-Banten di Lebak, Banten, Minggu 13 Februari 2023.

 

3 dari 3 halaman

Kendaraan Maung

Adapun yang menjadi kebanggan Prabowo dan akan diproduksi masal jika nantinya menjadi Presiden yaitu kendaraan Maung yang saat ini diproduksi PT Pindad.

"Kita akan punya mobil buatan Indonesia sendiri. Sekarang, saya diperintah oleh Pak Jokowi, kita sudah merintis, kita sudah bikin jip buatan Indonesia sendiri," kata Prabowo ditulis Senin 4 Desember 2023.

Dia mengatakan saat ini kandungan komponen dalam negeri mencapai 73 persen. Artinya, mobil itu menjadi pijakan untuk lebih jauh mengembangkan industri otomotif di Indonesia.

"Sekarang, kandungannya baru 73 persen. Dua tahun, tiga tahun lagi, ini akan menjadi 90 persen barang-barangnya akan menggunakan komponen di Indonesia," tegas Pria 72 tahun itu.

Dia juga bercita-cita agar ke depannya Indonesia tidak hanya memproduksi mobil jip, tetapi sedan, truk, dan motor.

Tidak hanya itu, dia berharap agar Indonesia dapat merintis produksi TV, pesawat terbang, kereta api, kapal, dan sejumlah barang lainnya.

"Kami tidak mau hanya jip. Kita mau nanti mobil sedan, pikap, truk, semuanya, motor-motor harus buatan Indonesia; TV, pesawat terbang, kereta api, kapal," ucap Prabowo Subianto dalam orasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.