Sukses

7 Hal yang Disampaikan Cawapres Mahfud Md di Kota Sabang saat Kampanye Perdana Pilpres 2024

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md memulai kampanye perdana pada Selasa 28 November 2023 di Kota Sabang, Provinsi Aceh. Dalam kesempatan itu, ada sejumlah hal yang disampaikan Mahfud Md.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md memulai kampanye perdana pada Selasa 28 November 2023 di Kota Sabang, Provinsi Aceh. Dalam kesempatan itu, ada sejumlah hal yang disampaikan Mahfud Md.

Kedatangan Mahfud Md disambut gembira oleh masyarakat Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Di sela kegiatan, Mahfud menyempatkan untuk berziarah ke makam ulama yang menyiarkan ajaran agama Islam, Tengku Pasi yang masuk dalam Keramat Aulia 44.

"Itu makam Tengku Pasi, Tengku Pasi itu artinya ulama dekat pantai katanya itu yang dulu menjadi guru masyarakat sini di awal-awal di sekitar sini ada empat tengku di sekitar sini," ucap Cawapres Mahfud Md, Selasa 28 November 2023.

Kemudian, Mahfud Md menyebut, dipilihnya Sabang dan Merauke sebagai tempat pertama kampanye Pemilu 2024 memiliki pesan bahwa pasangan tersebut akan memeratakan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

"Ini adalah komitmen kami untuk memeratakan pembangunan ekonomi. Ini adalah komitmen kami agar tidak ada lagi masyarakat miskin di Indonesia. Ini juga komitmen untuk mewujudkan kepastian dan perlindungan hukum bagi seluruh elemen bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke," kata Mahfud.

Dia pun sempat mendatangi Warung Kopi MD yang berada di seberang Puskesmas Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Mahfud Md menghampiri para milenial dan generasi Z untuk berbincang bersama mengupas keluh kesah dan aspirasi.

Bukan hanya ngobrol, mereka juga bernyanyi bersama sebagai bentuk dukungan anak muda terhadap sosok pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Melihat semangat tersebut, Mahfud menyampaikan bahwa anak-anak muda perlu mempersiapkan diri, membangun optimisme pengembangan kreativitas dan inovasi demi menyongsong masa depan.

"Indonesia ini kaya raya bukan hanya alamnya, tetapi juga sosial politiknya, sangat bagus untuk dimanfaatkan dan anak-anak muda. Buatlah persiapan itu dengan nyaman, dengan enak, bangun dengan penuh kesaudaraan bersatu untuk Indonesia dan bisa maju bersama," kata dia.

Berikut sederet hal yang disampaikan cawapres nomor urut 3 Mahfud Md saat memulai kampanye perdana Pilpres 2024 di Sabang, Provinsi Aceh dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Beri Penghormatan, Lakukan Ziarah ke Makam Ulama di Sabang Aceh

Bertandang ke wilayah paling Barat Indonesia, Kota Sabang, Aceh, Cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md melakukan serangkaian kegiatan kampanye perdananya untuk menemui masyarakat, Selasa 28 November 2023.

Kedatangan Mahfud MD disambut gembira oleh masyarakat Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Di sela kegiatan, Mahfud menyempatkan untuk berziarah ke makam ulama yang menyiarkan ajaran agama Islam, Tengku Pasi yang masuk dalam Keramat Aulia 44.

"Itu makam Tengku Pasi, Tengku Pasi itu artinya ulama dekat pantai katanya itu yang dulu menjadi guru masyarakat sini di awal-awal di sekitar sini ada empat tengku di sekitar sini," ucap Mahfud Md.

Sesampainya di makam yang terletak di pinggir pantai, Mahfud membaca tahlil bersama tim pemenangan daerah (tpd). Mahfud mengenakan kemeja putih dengan rompi hitam tampak khusyuk berdoa di depan pusara ulama tersebut.

Ziarah ini adalah bentuk penghormatan kepada para alim ulama yang telah berjasa menyebarkan agama islam di Desa Jaboi, Kota Sabang, Aceh.

Kondisi pemakaman tersebut tampak tak terurus dan memprihatinkan. Tidak ada papan petunjuk arah ataupun tulisan di batu nisan yang menjadi tanda bagi para pelancong bahwa itu adalah pusara ulama.

 

3 dari 8 halaman

2. Harap Rehabilitasi Makam-Makam

Mahfud Md berharap makam-makam para pahlawan dan ulama seperti ini supaya mendapatkan perhatian dengan pengadaan rehabilitasi dan perawatan.

"Kita lihat lah insyaallah lah (rencana rehab) untuk menghormati para leluhur auliya ini dianggap aulia ya waliyullah ya kalau di Jawa kan semua sudah direhab ditangani oleh pemda nanti yang di sini juga bisa untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa beliau yang telah mengajarkan masyarakat dengan penuh akhlak dan kesantunan," terang dia.

 

4 dari 8 halaman

3. Komitmen Ratakan Pembangunan

Lalu, Mahfud Md menyebut, dipilihnya Sabang dan Merauke sebagai tempat pertama kampanye Pemilu 2024 memiliki pesan bahwa pasangan tersebut akan memeratakan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

"Ini adalah komitmen kami untuk memeratakan pembangunan ekonomi. Ini adalah komitmen kami agar tidak ada lagi masyarakat miskin di Indonesia. Ini juga komitmen untuk mewujudkan kepastian dan perlindungan hukum bagi seluruh elemen bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke," kata Mahfud.

Mahfud Md memulai kampanye pemilu hari pertama di ujung barat Indonesia yaitu Desa Jaboi Sabang Aceh, sementara Ganjar Pranowo di saat yang bersamaan memulai kampanye-nya dari Distrik Semangga Merauke Papua.

 

5 dari 8 halaman

4. Beberkan Alasan Kampanye Perdana di Sabang

Mahfud Md mengungkapkan pesan di balik pilihan Sabang dan Merauke sebagai lokasi perdana kampanye Pilpres 2024 dapat dipahami bahwa ikatan emosional sebagai bangsa berawal dari desa, yang tercermin pada lagu berjudul “Dari Sabang Sampai Merauke".

Sabang dan Merauke, kata Mahfud, mencerminkan komitmen pasangan Nomor Urut 3 untuk memajukan seluruh rakyat Indonesia, baik di desa maupun kota, yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Khusus untuk program unggulan secara lokal di Aceh, lanjut Mahfud, pasangan tersebut berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan guru ngaji di Aceh.

"Kami punya unggulan, nanti guru ngaji ini akan kami beri perhatian khusus. Program unggulan-nya di sini adalah untuk para ustadz dan guru ngaji dan mungkin bisa dikembangkan buat marbot masjid yang sekarang ini memang perlu perhatian. Karena jasa mereka sangat besar bagi keberlangsungan bangsa dan negara ini," tutur dia.

 

6 dari 8 halaman

5. Buka Ruang untuk Milenial dan Gen Z Asah Kemampuan Serta Dorong Potensi Anak Muda

Warung Kopi MD yang berada di seberang Puskesmas Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, mendadak riuh. Tetiba, datang sosok cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD, menghampiri para milenial dan generasi Z untuk berbincang bersama mengupas keluh kesah dan aspirasi.

Lawatan Mahfud MD tersebut adalah serangkaian kegiatan dalam kampanye perdana. Bukan hanya ngobrol, mereka juga bernyanyi bersama sebagai bentuk dukungan anak muda terhadap sosok pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Melihat semangat tersebut, Mahfud menyampaikan bahwa anak-anak muda perlu mempersiapkan diri, membangun optimisme pengembangan kreativitas dan inovasi demi menyongsong masa depan.

"Indonesia ini kaya raya bukan hanya alamnya, tetapi juga sosial politiknya, sangat bagus untuk dimanfaatkan dan anak-anak muda. Buatlah persiapan itu dengan nyaman, dengan enak, bangun dengan penuh kesaudaraan bersatu untuk Indonesia dan bisa maju bersama," kata Mahfud.

Menurut Mahfud, pemerintah perlu mendorong potensi anak-anak muda untuk mengatasi segala kekhawatiran, misalnya terkait kesehatan mental (mental health), lapangan pekerjaan, hingga ruang-ruang mengoptimalkan minat dan bakat.

Sehingga, pasangan capres-cawapres nomor urut tiga itu memiliki komitmen lewat 8 gerak cepat Ganjar & Mahfud, menginisiasi Creative Hub sebagai wadah berkarya, zero blank spot untuk memudahkan konektivitas internet, dan lain sebagainya.

"Kita nanti akan buat pusat-pusat pelatihan, kemudian tempat-tempat yang nyaman bagi kehidupan di rumah, dan sekarang siapa yang merasa menjadi orang tua supaya memperhatikan keluarga, anak-anak, dan generasi muda agar tidak mencari jalan sendiri yang liar," ucap Mahfud.

"Kalau mencari jalan sendiri yang bagus enggak apa-apa. Mudah-mudahan ya anak-anak muda maju terus untuk Indonesia," ujar dia.

Zakia (20), salah satu anak muda sekaligus influencer asal Aceh, sangat kagum dengan sosok Mahfud MD. Menurut dia, anak-anak muda yang berkumpul mendapat inspirasi dari cawapres nomor urut tiga itu.

"Beliau sosok yang inspiratif di umur yang 66 (tahun), tetapi beliau memiliki pemikiran yang sangat milenial. Jadi, seneng banget bisa sharing dan langsung menyampaikan aspirasi kami kepada beliau," kata Zakia.

 

7 dari 8 halaman

6. Sebut Gaji Guru Ngaji Jadi Program Unggulan

Mahfud Md menyampaikan komitmen untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Kota Sabang, Aceh. Salah satunya, melalui program unggulan gaji guru ngaji, tenaga pendidik keagamaan, dan marbot.

"Untuk Aceh ini kami ada program Guru Ngaji, karena kami tahu di Aceh ini ada puluhan bahkan ratusan ribu guru-guru ngaji yang mengabdi kepada bangsa dan negara, kepada rakyat untuk mendidik masyarakat," kata Mahfud Md.

Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mencapai 240 juta orang, dimana satu juta di antaranya berprofesi sebagai guru ngaji. Adapun guru ngaji di Banda Aceh sebanyak 1.500 orang.

Berdasarkan survei oleh Kementerian Agama, sekitar 65 persen dari guru ngaji berpendapatan jauh di bawah upah minimum regional (UMR). Untuk itu, Mahfud berjanji dirinya akan memberikan perhatian khusus terhadap kesejahteraan guru ngaji.

"Nanti guru-guru ngaji ini akan kami beri perhatian khusus seperti halnya di daerah-daerah lain ada yang lebih butuh soal kesehatan, lebih butuh alat pertanian," ucap dia.

"Di sini juga tentu sama tetapi program unggulannya di sini adalah untuk para ustaz dan guru ngaji dan mungkin bisa dikembangkan ke marbot-marbot masjid yang sekarang ini memang perlu perhatian," sambung Mahfud.

 

8 dari 8 halaman

7. Akan Genjot Pembangunan Fisik

Selain guru ngaji, Mahfud Md bersama capres Ganjar Pranowo akan menggenjot pembangunan fisik baik rehabilitasi ataupun pembangunan baru untuk menunjang pendidikan keagamaan.

"Oleh sebab itu rumah-rumah ibadah kita bangun, kita perbaiki, kita perbanyak," ucap Mahfud.

Rijal Fahlefi (28) selaku guru ngaji sekaligus imam masjid di Desa Jaboi mengeluhkan minimnya perhatian secara merata yang diperuntukkan kepada tenaga pendidik keagamaan, dan guru ngaji.

"Kalau perhatian dari pemerintah di bidang agama itu masih sangat kurang sehingga kadang-kadang dapat mengganggu faktor untuk kita belajar. Kepada Pak Ganjar dan Mahfud harus nemberikan perhatian yang lebih kepada guru kampung," tutur Rijal.

Dia berharap pencanangan pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud dapat merealisasikan insentif guru ngaji secara nyata dan merata.

Pada kampanye perdana, pasangan capres-cawapres nomor urut tiga itu melaunching logo baru untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berkelir hitam putih. Peresmian logo baru, dilakukan Ganjar–Mahfud saat berkunjung ke Merauke dan Sabang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.