Sukses

3 Makna Ganjar-Mahfud Md Pilih Kampanye Perdana Pilpres 2024 di Sabang dan Merauke

Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md memilih memulai kampanye hari pertama di Sabang Provinsi Aceh dan Merauke Provinsi Papua, Selasa (28/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md memilih memulai kampanye hari pertama di Sabang, Provinsi Aceh dan Merauke, Provinsi Papua, Selasa (28/11/2023).

Meskipun berada di tempat terpisah, Ganjar memilih di Merauke sedangkan Mahfud di Sabang, ternyata pasangan capres-cawapres itu memulai kampanye Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 penuh sarat makna.

Ganjar menjelaskan, pemilihan tempat kampanye Pilpres 2024 tersebut yang ada di Barat dan Timur Indonesia yaitu Sabang dan Merauke, dipilih karena terinspirasi lagu 'Dari Sabang Sampai Merauke'.

"Kampanye Ganjar dipusatkan di Distrik Semangga, Waninggap Nanggo, Kecamatan Semangga, Kabupaten Merauke, Papua. Ada pun kampanye Mahfud dilangsungkan di Pasi Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh," ujar Ganjar melalui keterangan tertulis, Selasa (28/11/2023).

Dia menjelaskan, dirinya bersama Mahfud Md mengirim pesan kuat bahwa meskipun terpisah, keduanya menghubungkan Indonesia dari ujung barat hingga ujung timur.

Alasan kedua menurut Ganjar untuk mengirimkan pesan sebagaimana tersirat dalam Sila ke-3 Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia.

"Hal ini menunjukkan komitmen pasangan capres-cawapres ini untuk memajukan seluruh rakyat Indonesia melalui pemerataan pembangunan di desa dan di kota, maupun dari ujung barat hingga ujung Timur Indonesia," terang dia.

Sebagaimana diketahui, pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud Md diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

 Simak Visi Misi Ganjar Mahfud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Selanjutnya

Kemudian Ganjar menjelaskan, pemilihan tempat kampanye dari sebuah desa di Merauke, Papua yang menjadi tempat paling awal menyambut matahari, tempat di mana rakyatnya paling awal memulai kerja dan usaha.

"Tempat ini dipilih sebagai simbol harapan dan titik awal menuju Indonesia yang lebih baik," kata Ganjar.

Sedangkan Mahfud memulai kampanye dari Sabang, di Aceh, yang merupakan tempat paling Barat di Indonesia, dan menjadi pintu masuk ke Nusantara di masa lalu. Serta ini juga menjadi titik awal berdirinya kerajaan Islam pertama di Nusantara.

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo tiba di Bandara Internasional Mopah, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023) pagi ini. Didampingi jajaran Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, kedatangannya disambut dengan tarian adat Tanah Papua.

Ganjar bersama rombongan sampai di bandara sekitar 08.20 WIT. Adapun yang mendampingi antara lain Wakil Ketua TPN Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, Wakil Ketua Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa hingga Deputi Politik 5.0 Andi Widjajanto, serta Direktur Hukum TPN, Ronny Talapessy.

 

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Disambut Tarian Adat Saat Tiba di Merauke Papua Selatan

Mereka yang hadir langsung disambut dengan tarian adat Papua khas suku Asmat. Ganjar pun lantas mengapresiasi sambil menyalami para pendukungnya.

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomo urut tiga, Ganjar Pranowo mengawali kampanye perdana dari Tanah Papua. Keberangkatan Tim Pemenangan Nasional (TPN) pun telah dimulai sejak Senin, 27 November 2023.

Berdasarkan susunan acara yang diterima Liputan6.com, Selasa (28/11/2023), Ganjar Pranowo bersama tim telah bertolak ke Merauke, Papua sejak dini hari. Adapun titik pertama yang akan disinggahinya adalah Desa Waninggap Naggo di Distrik Semangga.

Ganjar akan menyapa warga di lokasi tersebut. Setelahnya, dia bergerak ke Titik Nol disusul pertemuan bersama relawan Belavista. Terjadwal pula pertemuannya dengan Uskup Agung di Keuskupan Agung Merauke.

 

4 dari 4 halaman

Akan Bertemu Gen Z dan Milenial

Selain itu, akan ada pula pertemuan bersama para influencer Gen-Z dan milenial.

Sementara pada Rabu, 29 November 2023, Ganjar Pranowo akan berolahraga di pagi hari. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga akan menghadiri pertemuan dengan TPD dan caleg.

Diketahui, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid mengatakan, pulau Jawa adalah kunci untuk kemenangan pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud Md di Pilpres 2024.

Hal tersebut, dia sampaikan dalam acara Rakornas organisasi sukarelawan dan simpatisan pendukung capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Hall B3-C3 JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

"Ibu dan Bapak saudara-saudaraku sekalian, kebetulan seluruh relawan di sini adalah relawan se-Pulau Jawa. Maka bisa saya katakan, secara objektif dan secara subjektif, Jawa adalah kunci! Kunci pemenangan Pilpres 2024," kata Arsjad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.