Sukses

Serahkan 153 Motor Trail untuk TNI-Polri di Tuban, Prabowo: Jaga Disiplinmu

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan bantuan 153 unit sepeda motor trail untuk prajurit Babinsa TNI AD di wilayah Kodim 0811 Tuban, Jawa Timur, Minggu (26/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan bantuan 153 unit sepeda motor trail untuk prajurit Babinsa TNI AD di wilayah Kodim 0811 Tuban, Jawa Timur, Minggu (26/11/2023).

Selain menyerahkan 153 unit sepeda motor trail untuk prajurit Babinsa Kodim 0811 Tuban, Prabowo juga memberikan lima unit lainnya untuk anggota Bhabinkamtibnas Polsek Widang.

"Hari ini atas nama pemerintah, saya menyerahkan perlengkapan motor untuk jajaran TNI dan juga untuk bantuan ke Polri," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan, bantuan kendaraan operasional tersebut diberikan agar TNI-Polri dapat melaksanakan tugasnya lebih baik. Oleh karena itu, para prajurit harus mampu merawatnya untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, Prabowo juga menekankan kepada Babinsa TNI AD dan Bhabinkamtibnas Polri bahwa kerja sama dan sinergitas adalah hal terpenting untuk menjaga keamanan dan stabilitas wilayah.

"Selamat bertugas. Jaga disiplinmu, jaga penampilanmu. Ingat, TNI dan Polri harus menjadi payung, mengayomi, dan melayani rakyat," ucap Prabowo.

"TNI adalah tentara rakyat, milik rakyat, anak kandung rakyat, dan harus selalu menjaga kepentingan rakyat," imbuhnya.

Prabowo Disambut "Tentara Cilik"

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga disambut prajurit-prajurit. Tampak sekitar 15 anak yang didampingi para guru, berbaris rapi, mengenakan atribut tentara lengkap dengan topi dan menyanyikan lagu selamat datang.

"Selamat datang Bapak, selamat datang kami ucapkan," nyanyi mereka.

Menhan Prabowo lalu berhenti menyalami satu persatu anak-anak tersebut, mengelus kepala mereka dan tersenyum.

"Hormat dulu, hormat dulu," kata para guru yang mendampingi.

"Hormat Bapak," serentak anak-anak tersebut memberi hormat.

Mantan Danjen Kopassus ini lalu mundur ke belakang mengambil sikap, dan membalas hormat mereka.

"Siap, hormat!" kata Prabowo.

Prabowo bertemu anak-anak juga terjadi saat berada di Kodim 0811 Tuban. Seorang anak bernama Haikal tiba-tiba menerobos kerumunan ingin bersalaman dengan Prabowo.

"Umur berapa kamu," sambut Prabowo mengelus kepala Haikal.

"9 tahun Pak, kelas 3," jawab Haikal.

"Oo...kelas 3 toh, belajar yang baik ya," kata Prabowo memeluk Haikal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo: Babinsa Seluruh Indonesia akan Dapat Motor

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan seluruh Babinsa di Indonesia akan mendapatkan bantuan sepeda motor untuk dinas. Hal ini disampaikan Prabowo saat menyerahkan sepeda motor dinas untuk Babinsa Prajurit TNI-Polri di Kodim 1710/Mimika, Papua, Jumat (10/11/2023).

Prabowo mengatakan, secara keseluruhan ia menyerahkan 1.270 unit kendaraan dinas prajurit di seluruh Indonesia secara bertahap.

"Motor jumlahnya cukup banyak, 1.270 unit. Tapi ini adalah untuk Babinsa seluruh Indonesia bertahap, Babinsa seluruh Indonesia akan dapat motor," kata Prabowo.

Untuk daerah Mimika, ada 291 unit sepeda motor yang diserahkan. Rinciannya untuk Kogabwilhan III 10 unit, Kodim Mimika 70 unit, Lanud Mimika 3 unit, Lanal Mimika : 3 unit, Polres Mimika 3 unit, Kodim Merauke 65 unit, Kodim Bovendigul 70 unit Kodim Mappi 45, Yonif 757 25, dan Denkav 3/SC 25.

3 dari 3 halaman

Motor Listrik Buatan PT LEN dan Pindad

Prabowo melanjutkan, di sebagian daerah, motor yang diserahkan adalah berbasis listrik buatan Indonesia. Motor itu dibuat oleh PT LEN bersama PT Pindad.

"Buatan PT LEN bersama PT Pindad kita sudah berhasil membuat motor listrik nanti akan kita bagikan juga dan sebagian masih motor yang sekarang, pakai bensin dan sebagian dari itu adalah motor listrik," ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan, penggunaan motor listrik adalah sebagai bagian dari transisi ke energi hijau terbarukan. Tujuannya untuk mengurangi polusi dan biaya.

"Karena itu yang kita harapkan nanti di tempat-tempat tertentu pakai tenaga surya jadi dicasnya itu pakai tenaga surya supaya nanti kebutuhan BBM kita terjangkau oleh seluruh unsur," pungkas Prabowo.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.