Sukses

SBY Kenang Saat Menjadi Prajurit TNI Bersama Prabowo Subianto

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenang saat menjadi prajurit TNI bersama dengan calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenang saat menjadi prajurit TNI bersama dengan calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Hal ini disampaikan SBY dalam acara pembekalan pemenangan Pemilu 2024, di Madiun, Jawa Timur.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini pun bercerita awal mula bertemu dan mengenal Prabowo pada Januari 1970 atau 53 tahun lalu.

Ketika itu, SBY bertemu dengan Prabowo Subianto di Kampus Akabri Darat yang kini menjadi Akademi Militer di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Di sana, mereka pun bertekad ingin menjadi prajurit dan patriot pembela Tanah Air.

"Setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer, dalam perkembangannya Pak Prabowo masuk Korps Baret Merah, Kopassus, sedangkan saya Korps Baret Hijau, Kostrad. Di situ lah kami sering berinteraksi, berpikir bersama, bekerja bersama," kata SBY dalam sambutannya, Senin (20/11/2023).

"Karena kami ingin memajukan profesionalitas TNI menjadi tentara modern itu yang sering kami diskusikan, dan dalam porsi kami masing-masing kami lakukan," sambungnya.

SBY mengatakan, dia dan Prabowo disebutnya sama-sama mengemban tugas negara di daerah pertempuran. Kala itu, keduanya harus menjunjung sang merah putih di medan Timor-Timor.

"Sebagai perwira baret merah, Pak Prabowo sering bertugas di sana, saya juga mengemban tugas hampir lima tahun di Timor-Timor dalam tiga kali penugasan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Majukan TNI yang Dicintai dan Dibanggakan

Usai bertugas di Timor-Timor, pada tahun 1994, keduanya pun kembali ditugaskan secara bersamaan di Singapura. Ketika itu, mereka sama-sama berpangkat kolonel.

Di sela-sela kegiatan resmi itu, mereka berdua yang berpakaian olahraga, celana pendek olahraga, berlari atau joging di Singapura, mereka tetap membicarakan bagaimana TNI semakin maju, kuat dan makin mampu menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

"Tekad dan pikiran dua Kolonel waktu itu, itulah antara lain kebersamaan kami, kebersamaan Prabowo-SBY selama lebih 20 tahun sebagai prajurit. Sejarah mencatat, saya kira Pak Prabowo akan bersetuju bahwa kita punya idealisme," ungkapnya.

"Kita dengan segala keterbatasan yang kita miliki, juga melakukan kiprah dan aksi nyata dalam ikut memajukan TNI yang kita cintai dan kita banggakan," pungkas SBY.

 

3 dari 3 halaman

SBY: Pak Prabowo, Selamat Berjuang di Kompetisi Pilpres 2024

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, partainya mendukung penuh Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam Pembekalan Pemenangan Pemilu 2024.

Oleh karena itu, ia pun menyampaikan beberapa harapan kepada Prabowo yang diyakini akan menjadi Presiden ke-8.

"Pertama, selamat berjuang dalam kompetisi pemilihan Presiden 2024 ini, berjuanglah sahabat ku secara cerdas, tepat dan kesatria. Saya senang Pak Prabowo telah memilih jalan terbaik, jalan demokrasi untuk menjadi pemimpin bangsa," kata SBY dalam sambutannya, Senin (20/11).

"Saya juga meyakini dengan elektabilitas yang tinggi dan dukungan rakyat yang kuat yang Pak Prabowo memiliki, akan menghantarkan bapak jadi pemimpin bangsa ke depan," sambungnya.

Selanjutnya, Presiden ke-6 ini pun ingin agar Ketua Umum Partai Gerindra dapat mengutamakan kepentingan rakyat diatas segalanya ketika sudah menjadi pemimpin atau presiden.

"Jika pada saatnya nanti dengan izin dan ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, Pak Prabowo memimpin negara ini 5-10 tahun ke depan, di atas segalanya utamakan lah kepentingan rakyat. Majukan dan sejahterakan kehidupan seluruh rakyat Indonesia," ungkapnya.

"Mereka yang sama-sama kita cintai, majukan Indonesia, Indonesia untuk semua. Selamat berjuang Pak Prabowo, Insya Allah Pak Prabowo akan sukses dan berhasil, Pak Prabowo tidak sendirian, Partai Demokrat akan terus bersama Pak Prabowo," pungkas SBY.

 

 

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • SBY

Video Terkini