Sukses

Yenny Wahid Dukung Ganjar-Mahfud, Sudirman Said: Apapun Pilihannya, Pemilu Momen Perubahan

Meski Yenny Wahid bergabung dan mendukung Ganjar-Mahfud Md pada Pilpres 2024, Sudirman Said mengaku ingin agar Pemilu 2024 akan menghadirkan perubahan.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara bakal capres Anies Baswedan, Sudirman Said mengaku menghormati pilihan putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024. Yenny menjabat sebagai Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

"Kita menghargai sikap politik, karena kan memang pilihannya ada tiga. Jadi tiap pribadi boleh punya pilihan dan kita hormati pilihan itu," kata Sudirman kepada wartawan di Gedung Joeang 45, Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Meski Yenny Wahid bergabung dan mendukung Ganjar-Mahfud Md pada Pilpres 2024, Sudirman ingin agar Pemilu nanti akan menghadirkan perubahan.

"Yang paling penting adalah apapun pilihannya tujuannya sama yaitu menggunakan Pemilu 2024 sebagai momentum untuk menghadirkan perbaikan perubahan," ujar dia.

"Dan politik itu hanyalah temporer kan, 5 tahun sekali sudah itu kan kita hidup normal lagi. Jadi tidak perlu ada kekhawatiran, tidak perlu ada hal-hal negatif. Kita boleh memilih siapapun," sambungnya.

Lalu, saat singgung apakah gabungnya Yenny Wahid tidak akan memecah suara, dia tidak mengomentari hal itu.

"Saya jangan berkomentar itu deh, itu kan apa, sejarah ya, dan kita lihat masa depan insyaallah pemilu ini berjalan lancar adil, jujur, objektif, dan penyelenggara negara bersikap netral," pungkas Sudirman Said.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yenny Wahid Dukung Ganjar-Mahfud, Cak Imin: Tak Masalah, Mari Bersaing Secara Sehat

Ketua Barisan Kader (Barikade) Gus Dur, Yenny Wahid resmi mendukung pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024. Ketua Umum PKB sekaligus cawapres Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghormati pilihan putri dari Presiden Keempat RI itu.

Menurut Cak Imin, demokrasi membebaskan siapapun untuk memberikan dukungan.

"Demokrasi memberikan kebebasan siapapun mendukung siapapun dan itu pilihan yang dihormati," kata Cak Imin di Gedung Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (27/10/2023).

Dia mengajak Yenny Wahid dan para pihak di Pilpres 2024 untuk bersaing secara sehat dan gembira. "Tidak ada masalah, mari yang penting kita bersaing secara sehat riang gembira langsung umum dan bebas dan rahasia," ucap dia.

Lebih lanjut, Cak Imin tak khawatir perihal Yenny yang bisa menarik suara Nahdlatul Ulama di Jawa Timur. Menurutnya, suara NU yang terpecah dalam pemilu adalah hal yang biasa.

"Ya biasalah demokrasi, lima tahun lalu juga beda biasa aja," pungkas Cak Imin.

3 dari 4 halaman

Yenny Wahid Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

Ketua Barisan Kader (Barikade) Gus Dur, Yenny Wahid mendeklarasikan dukungan untuk paslon Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Karena kedekatan hati, maka kami Barisan Kader Gus Dur menyatakan mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md," kata Yenny di Hotel Borobudur, Jumat (27/10/2023).

Yenny menyebutkan, kedekatan Mahfud Md dengan Gus Dur lah yang memantapkan Barikade Gus Dur mendukung Ganjar-Mahfud.

"Prof Mahfud Md adalah orang yang dekat kami, beliau adalah orang NU," kata dia.

"Pak Mahfud Md adalah sosok yang dibawa Gus Dur untuk menegakan hukum di Indonesia," pungkasnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Yenny Wahid Jadi Dewan Penasihat di TPN Ganjar-Mahfud Md

Ketua Barisan Kader (Barikade) Gus Dur, Yenny Wahid resmi mendukung paslon Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid menyatakan, Yenny Wahid akan masuk ke TPN menduduki posisi Dewan penasihat bersama Puan Maharani.

"Jadi Mbak Yenny akan bergabung, itu di struktur Tim Pemenangan Nasional, dan beliau akan duduk di dewan penasihat bersama dengan Mbak Puan," kata Arsjad di Hotel Borobudur, Jumat (27/10/2023).

Menurut dia, bergabungnya Yenny akan menambah kekuatan Ganjar-Mahfud dan akan mendukung pemilu sejuk dan pemersatu bangsa.

"Jadi inilah pemimpin-pemimpin Indonesia dan juga yang lain-lain itu adalah bagaimana kita memastikan satu hati berbangsa," kata Arsjad.

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini