Sukses

Ikut Pilpres 2024 Jadi Cawapres Dampingi Prabowo, Gerindra: Gibran Sudah Ajukan Cuti Wali Kota Solo

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco memastikan, tidak ada proses birokrasi yang akan menghambat pendaftaran bakal calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco memastikan, tidak ada proses birokrasi yang akan menghambat pendaftaran bakal calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Menurut dia, baik Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selaku bakal capres-cawapres dari KIM sudah sama-sama mengajukan cuti dari jabatan mereka di tingkat eksekutif.

"Izin cuti itu saya lihat ada beberapa tanggal tertentu, beliau meminta izin cuti juga sudah diajukan," ujar Dasco di di The Dharmawangsa Jakarta, Senin (23/10/2023).

Selain izin cuti, lanjut dia, persyaratan lain seperti surat-surat administrasi yang diminta oleh pihak penyelenggara yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipastikan juga sudah dilengkapi.

Dasco merasa yakin, KIM hanya tinggal datang untuk mendaftar capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 25 Oktober 2023.

"Kalau surat izin untuk maju sebagai capres-cawapres sesuai dengan hasil penentuan persyaratan Pemilu sudah diajukan dan Alhamdulila sudah disetujui," jelas Dasco.

Senada dengan itu, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan pasangan Prabowo dan Gibran akan mendaftar pada pukul 10.00 WIB pada Rabu 25 Oktober 2023 ke KPU. Mereka akan diantar oleh pimpinan partai politik (parpol) KIM.

"Prabowo-Gibran akan tampil bersama pada lusa nanti. Mereka juga bakal berdoa bersama sebelum mendaftar ke KPU," ujar Muzani dalam keterangan terpisah.

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju resmi mengumumkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Pengumuman Gibran itu disampaikan langsung Prabowo dengan didampingi para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo, Minggu malam 22 Oktober 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilakukan Secara Aklamasi

Prabowo mengatakan tidak akan melakukan pasangan capres-cawapres, karena langsung mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 25 Oktober 2023.

"Ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 Oktober, hari Rabu, kita akan daftar di KPU," kata Prabowo.

Sebelum dilakukan pengumuman, menurut Prabowo, keputusan Gibran sebagai cawapres telah dirembukkan oleh sejumlah ketua umum hingga sekjen partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju.

"Saya kira tidak perlu ada pertanyaan lagi. Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus. Dan kita siap maju untuk Indonesia maju," pungkas Prabowo.

 

3 dari 4 halaman

Gibran akan Hadir saat Daftar Capres-Cawapres ke KPU 25 Oktober 2023

Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah memutuskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada pilpres 2024.

Hal ini disampaikan langsung oleh Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mendaftarkan pasangan Prabowo-Gibran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Jadi kita hari Rabu, jam 9 kumpul di sini. Jam 10 berangkat pendaftaran. Sudah jelas ya," kata Ketua Umum Partai Amanat Naisona (PAN) Zulkifli Hasan kepada wartawan.

Meski dalam deklarasi tidak dihadiri oleh Gibran, akan tetapi nantinya putra sulung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan hadir pada saat daftar ke KPU.

"Ya sudah diumumkan tadi kan ketua-ketua partai semuanya, sudah putus kok. Enggak pakai kenapa lagi," ujar politikus yang akrab disapa Zulhas.

"Ya nanti waktu daftar dong (Gibran akan muncul)," kata Zulhas.

 

4 dari 4 halaman

Gibran Belum Mundur dari PDIP

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengaku belum menerima surat pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka yang akan diusung Prabowo untuk menjadi cawapresnya.

"Enggak ada sama sekali," tegas Puan usai mengikuti peringatan Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu 22 Oktober 2023.

Puan mengatakan, DPP PDIP belum mengambil sikap mengenai pengusungan Golkar terhadap Gibran Rakabuming Raka yang dicalonkan sebagai cawapres dari Partai Golkar. Begitupun dengan pernyataan Gibran yang akan menindaklanjuti rekomendasi cawapres kepada Prabowo Subianto.

"Enggak apa-apa, kan belum, baru diusulkan kan belum. Tanya dulu ke Mas Gibran, sudah koordinasi belum, apakah sudah atau belum, ya saya enggak, coba ditanyakan," jelas Puan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.