Sukses

Survei Selalu Posisi Buncit, Anies: Lihat Kenyataan Dukungan di Lapangan

Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan menilai hasil survei dari berbagai lembaga di Indonesia, berbeda dari kenyataan di lapangan yang ditemukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan menilai hasil survei dari berbagai lembaga di Indonesia, berbeda dari kenyataan di lapangan yang ditemukannya. Hal tersebut terlihat dari kunjungan yang selama ini dia lakukan ke daerah-daerah.

Diketahui, tiga lembaga survei yang baru-baru ini merilis hasil survei elektabilitas bakal Capres adalah Poltracking Indonesia, Polling Institute, dan Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC). Hasilnya Anies Baswedan tak pernah menempati posisi pertama dalam hasil survei tersebut.

"Survei? Kami lihat kenyataan di masyarakat, keliling daerah suasananya berbeda dari survei itu, karena antusias dan jumlah massa yang ada itu sangat banyak tapi jangan sampai kita merasa besar, terlena, karena pertandingan sesungguhnya ada di 14 Februari," ujar Anies saat menghadiri pelantikan dan pembekalan pengurus DPW NasDem Provinsi Banten.

Anies mengungkapkan, berdasarkan kenyataan di lapangan setiap kunjungannya, massa yang datang untuk mendukung pasangan Anies-Cak Imin tak perlu dimobilisasi untuk datang. Hal tersebut menunjukkan bahwa dukungan untuk pihaknya murni dari masyarakat.

"Kami semua ketika datang ke kegiatan ini, di Makassar kemarin misalnya, saya tanya massa sebanyak ini berapa bis-nya? Ga ada, mereka mandiri bukan mobilisasi. Kalau kita bikin acara lalu kita siapkan bis, itu kita fasilitasi berarti diarahkan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inginkan Perubahan

Dengan kenyataan tersebut, kata Anies, menunjukkan, banyak masyarakat yang ingin adanya perubahan nyata di mana aspirasi yang selama ini terpendam bisa muncul di permukaan.

"Hasil survei kami, enggak bikin survei di lapangan, tapi suasana di lapangan mudah-mudahan penanda bahwa ada aspirasi yang selama ini mungkin tak selalu muncul di permukaan, tapi massa yang banyak itu baik, dukungan yang banyak itu baik, tapi jumlah suara yang besar saat 14 Februari 2024 itu jauh lebih baik," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Target

Seperti diketahui, Partai NasDem menargetkan 70 persen di Banten suara untuk Anies dan Cak Imin pada saat Pemilihan Presiden 14 Februari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Nasdem

Video Terkini