Sukses

Anies Baswedan Cek Kesehatan di RS Fatmawati, Apa Hasilnya?

Bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan hari ini, Selasa (17/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan hari ini, Selasa (17/10/2023). Pemeriksaan untuk memenuhi salah satu syarat pendaftaran di KPU pada 19 Oktober 2023.

Anies menyebut, selama pemeriksaan kesehatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu, dia dicek mulai dari darah hingga sesi wawancara oleh pihak psikiater dokter.

Lalu apa hasilnya? "Rekomendasi mereka akan segera keluar jadi mudah-mudahan besok pagi keluar. Karena sebetulnya ini bukan berkas kesehatan seperti calon, ini adalah surat keterangan sehat yang harus dibawa ke pendaftaran," kata dia pasca cek kesehatan, di RS Fatmawati, Selasa.

Sebelum Anies melakukan cek kesehatan, bakal cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah lebih cek kesehatan pada Jumat 13 Oktober 2023.

Anies mendatangi RS Fatmawati pada Selasa pagi. Dari pantauan merdeka.com, Anies terlihat tiba di lingkungan RS Fatmawati sekitar pukul 07.38 WIB dengan mengayuh sepedanya lengkap dengan helem sepeda.

Dia yang menggunakan rompi warna biru dongker disapa sejumlah warga. Sesekali juga warga nampak berkesempatan untuk selfie dan ada juga yang berbincang singkat.

Setelahnya, ia pun langsung masuk ke gedung Bougenville RS Fatmawati dan langsung melakukan pendaftaran di meja resepsionis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies-Cak Imin Daftar Capres-Cawapres ke KPU pada 19 Oktober 2023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik, menyatakan telah menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan (NasDem, PKS, dan PKB). 

"Pada hari Sabtu sore, kami telah mendapatkan surat, menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran partai koalisi, atau gabungan partai politik dari partai NasDem, Partai PKB, dan Partai PKS," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik dalam konferensi pers di KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2023).

Idham menyampaikan, tiga parpol tersebut bakal mendaftarkan capres-cawapresnya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di hari pertama pendaftaran capres-cawapres dibuka, 19 Oktober 2023.

"Berencana akan mendaftarkan bakal pasangan calon presiden dan wakil presidennya pada hari pertama tanggal 19 Oktober 2023 jam 08.00 WIB pagi sampai dengan selesai," kata Idham.

Pendaftaran capres-cawapres pada 19-24 Oktober 2023 dibuka dari pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB. Khusus di hari terakhir, yakni di 25 Oktober 2023, KPU RI membuka waktu pendaftaran lebih lama dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.59 WIB.

Meski begitu, KPU meminta pasangan capres dan cawapres tak mendaftarkan diri ke KPU RI diatas pukul 23.59 WIB di hari terakhir itu.

Hal ini disampaikan Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pencalonan peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024 serta bimbingan teknis penggunaan sistem informasi pencalonan di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, Kamis 12 Oktober 2023.

 

3 dari 4 halaman

Daftarkan Anies-Cak Imin ke KPU 19 Oktober, NasDem Klaim Bakal Didampingi 50 Ribu Orang

Pasangan Capres Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bakal mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober nanti. Partai NasDem mengklaim sebanyak 50 ribu orang dari koalisi Perubahan yang terdiri dari Nasdem, PKB, dan PKS akan mengantar pasangan 'Amin' (Anies-Imin).

"Insyaallah yang sudah terkonfirmasi di atas 50 Ribu orang yang akan mengantar," kata Politisi Nasdem, Bestari Barus saat acar diskusi bertajuk 'Makin Panas Jelang Pendaftaran Capres' di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (15/10).

Bestari menyebut nantinya, Koalisi Perubahan akan terlebih dahulu berkumpul di Nasdem Tower. Lalu berlanjut dengan perjalan ke KPU.

"Kita akan putihkan Jakarta," ungkap dia.

 

4 dari 4 halaman

Berangkat Pukul 08.00 WIB

Ketua Umum PKB yang juga bakal cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, rencananya, pasangan AMIN akan berangkat ke KPU sekitar pukul 08.00 WIB.

"Tanggal 19 pagi Insya Allah kami akan daftarkan pasangan amin, sudah di dukung partai utama, PKB, PKS dan NasDem. Mohon doa restu, mohon dukungannya, mohon hadirnya kalau perlu," kata Cak Imin di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

"Insya Allah kita beramai ramai mendatangi KPU, mendoakan KPU tetap objektif dan menjadikan kekuatan yang independen," ucapnya.

Cak Imin bersama Anies akan berjalan ke KPU pada pukul 08.00 WIB. Diawali Anies dan Cak Imin akan berjalan dari rumah masing-masing.

"Insyallah kita berangkat dari kantor DPP PKB jam delapan pagi. Diawali dengan perjalanan dwi tunggal Anies Muhaimin, dari rumah masing-masing," ujar Cak Imin.

Alur perjalanannya, dari kediaman masing-masing akan sowan ke PKB, lalu ke PKS, kemudian ke kantor Nasdem. Dari kantor Nasdem akan berjalan kaki menuju kantor KPU.

"Kemudian berkunjung ke PKB, mendapatkan restu PKB, datang PKS mendapatkan restu PKS, datang ke Nasdem mendapatkan restu dari Nasdem. Dari Nasdem berangkat menuju KPU sekitar 1,5 kilo. Yang kuat jalan silakan jalan sehat. Yang enggak kuat kita siapkan becak," kata Cak Imin.

 

 

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini