Sukses

Erick Thohir Dipersiapkan Jokowi untuk Lanjutkan Capaian Pemerintah

Sinyal dukungan terlihat dari seringnya Erick Thohir menemani Jokowi dalam menghadiri berbagai agenda bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir disebut dipersiapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melanjutkan capaian dan program pemerintah saat ini. Hal itu terlihat dari berbagai kesempatan di mana Jokowi sangat mempercayai Erick Thohir untuk menjalankan tugas – tugas strategis negara.

“Selama ini kan Pak Erick Thohir sangat dianggap orang yang dipercaya Jokowi dan memang dipersiapkan Jokowi,” kata Direktur Rumah Politik Indonesia (RPI), Fernando Emas, Rabu (11/10/2023).

Dia menyebut upaya menyiapkan Erick Thohir terlihat dorongan Jokowi agar ikut berlaga di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Itu terlihat dari berbagai sinyal yang ditunjukkan Jokowi ke hadapan publik.

“Erick memang dipersiapkan oleh Pak Jokowi untuk mengikuti kontestasi di Pilpres 2024 mendatang,” ucap Fernando.

Sinyal dukungan terlihat dari seringnya Erick Thohir menemani Jokowi dalam menghadiri berbagai agenda bersama. Salah satu di antaranya saat keduanya menghadiri Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas dan Konbes NU) 2023 baru-baru ini.

Selain itu, Jokowi juga kerap memberikan penugasan khusus secara langsung kepada Erick Thohir. Terbaru, Erick Thohir ditunjuk Jokowi untuk menjadi menjadi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) ad interim menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

Dia menyebut, penunjukkan itu karena Jokowi sangat percaya terhadap Erick Thohir. Sebab, Erick Thohir memiliki kinerja yang bagus selama mengemban tugas-tugas khusus dari Jokowi.

“Itu menunjukkan Erick Thohir adalah orang yang bisa dipercaya dan orang yang betul-betul bisa mengemban tugas,” pungkas Fernando.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Menko Kemaritiman dan Investasi

Presiden Jokowi menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk sementara waktu. Hal itu dikarenakan Luhut Binsar Pandjaitan yang masih menjalani perawatan kesehatan.

"Karena saat ini Pak LBP, Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Menko Marves Ad-interim," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Rabu (11/10/2023).

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kondisinya yang sedang sakit. Luhut bercerita beberapa hari lalu mengalami kelelahan yang luar biasa.

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut dalam akun instagram resminya @luhut.pandjaitan. 

Melihat kondisi itu, istri Luhut lalu membawanya ke salah satu rumah sakit di Jakarta.

"Melihat kondisi suaminya yang tidak sewajarnya tersebut, istri saya kemudian berinisiatif membawa saya ke salah satu Rumah Sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut," ungkapnya.

Luhut mengatakan, dengan kondisinya yang seperti itu, selama beberapa hari ia tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk sekedar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin ua lakukan setiap pagi.

"Saya tak diperbolehkan oleh istri. 'Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa," ucapnya Luhut menirukan istrinya.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Menguat untuk Diusung Cawapres 2024

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan, Erick Thohir mampu mendapat berkah elektoral besar dari kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan kian membuat daya tarik Erick Thohir semakin konsisten menguat.

"Potensi Erick Thohir sebagai cawapres ini sudah mendapat restu dari Presiden Jokowi," kata Dedi, Senin (09/10/2023).

Dia menambahkan, dorongan besar Jokowi pada Erick Thohir tidak terlepas dari kinerja gemilang yang konsisten ditunjukan Erick Thohir sampai saat ini. Hal tersebut tentu menjadi perhatian penuh Jokowi.

Kinerja hebat Erick Thohir dalam memimpin Kementerian BUMN. Berkat gebrakan yang dihadirkan Erick Thohir BUMN berhasil bertransformasi menjadi kementerian yang banyak membawa keuntungan besar.

Lewat tangan dingin Erick Thohir, BUMN bertransformasi dan mampu mencapai banyak raihan gemilang. Semisal ù mencatat laba kenaikan mencapai Rp 303,7 triliun pada 2022 dan juga membuat BUMN mencatat dividen sebesar Rp 80,2 triliun.

"Memang kesan Jokowi mendukung Erick cukup sering terlihat," tambahnya.

Sebagai menteri andalan Jokowi, ungkap dia, Erick Thohir telah memberikan banyak bukti kerja konkret yang sangat dirasakan banyak masyarakat. Kompetensi kepemimpian Erick Thohir kian menguatkan keyakinan Jokowi untuk memberi dukungannya padq Erick Thohir.

"Karena ia cukup dianggap layak karena miliki pengalaman," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Meneruskan Visi Indonesia Maju

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai pemimpin tepat untuk meneruskan visi Indonesia Maju saat ini. Apalagi sebagai pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erick Thohir sangat mendedikasikan diri untuk mendorong kemajuan bangsa dan negara.

Direktur Eksekutif Ethical Politics Hasyibulloh Mulyawan mengatakan, Erick Thohir mempunyai pengalaman yang menonjol dalam mewujudkan kemajuan Tanah Air. Terbukti ia menjadi Menteri BUMN yang berhasil membawa perubahan positif kepada perusahaan pelat merah.

"Pak Erick Thohir yang saya rasa ke depan memimpin Indonesia dan melakukan perbaikan-perbaikan dan dapat sejahterakan rakyat Indonesia," kata Mulyawan saat dihubungi, Senin (9/10/2023).

Seperti diketahui, Erick Thohir memiliki etos kerja yang kuat untuk mencapai tujuan Indonesia Maju. Misal saja ia telah melakukan berbagai langkah untuk mengoptimalkan peran BUMN dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Salah satu fokus utama Erick Thohir adalah meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan BUMN. Hal ini sangat penting karena BUMN memiliki peran besar dalam berbagai sektor ekonomi, termasuk energi, infrastruktur, dan telekomunikasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini