Sukses

Pengamat Nilai Kalangan NU Solid Dukung Erick Thohir Sebagai Cawapres

Saat ini, Erick Thohir tengah melakukan safari ke sejumlah Pondok Pesantren di Jawa Timur. Menurut Solissa, hal ini mampu memperkuat dukungan Erick Thohir dari warga NU.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa mengatakan Menteri BUMN Erick Thohir mampu mendapatkan dukungan kuat dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) jika maju sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres). Sebab, Ketum PSSI ini merupakan Anggota Kehormatan Banser yang dikenal aktif dalam berbagai kegiatan NU.

"Bisa dipastikan warga NU akan solid mendukung Erick Thohir bila maju di Pilpres 2024 nanti," kata Solissa, Sabtu (30/09/2023).

Saat ini, menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini tengah melakukan safari ke sejumlah Pondok Pesantren (Popes) di Jawa Timur. Menurut Solissa hal tersebut mampu memperkuat dukungan Erick Thohir dari warga NU atau nahdliyin.

Perlu diketahui, NU memiliki anggota berkisar dari 40 juta (2013) hingga lebih dari 95 juta pada Tahun (2021) yang menjadikannya sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia. Basis paling besar dari kelompok Islam ini berada di Jawa Timur.

Karenanya, nahdliyin memiliki peranan penting dalam upaya pemenangan dalam setiap pilpres. Terlebih, penerimaan Erick Thohir sangat besar terhadap kalangan NU dalam berbagai kesempatan.

Salah satunya kontribusi Ketum Masyarakat Ekonomi (MES) ini saat mengemban amanah menjadi Ketua Steering Committee (SC) Panitia 1 Abad NU. Selain itu, Erick Thohir juga telah melakukan berbagai inisiatif yang bertujuan untuk memajukan pondok pesantren.

Ia telah melakukan pembangun dan memperbaiki fasilitas, termasuk gedung sekolah, asrama, dan ruang kelas ponpes yang lebih modern. Solissa menambahkan berkat kontribusi Erick Thohir terhadap kalangan NU membuatnya dipilih oleh nahdliyin sebagai cawapres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Erick Thohir

Terbukti, dalam survei Politika Research dan Consulting (PRC) periode September 2023, Ia menduduki posisi teratas perolehan elektabilitas cawapres dengan hasil 16,8 persen suara di Jawa Timur.

"Nama Erick Thohir melejit berada diposisi teratas sebagai cawapres potensial di Pilpres 2024, terutama di Jawa Timur," ungkap Solissa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.