Sukses

Pengamat Sebut Erick Thohir Miliki Banyak Prestasi Pimpin PSSI, Berpeluang Jadi Bakal Cawapres?

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang Salahudin menilai prestasi Erick Thohir itu berkat komitmen dan upaya Eks Presiden Inter Milan ini dalam mememajukan sepak bola di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Belum ada satu tahun memimpin, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau Ketum PSSI Erick Thohir dinilai telah menghadirkan banyak prestasi untuk sepak bola tanah air.

Hal tersebut disampaikan Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang Salahudin. Menurut dia, prestasi Erick Thohir itu berkat komitmen dan upaya Eks Presiden Inter Milan ini dalam mememajukan sepak bola di Indonesia.

Dia mengatakan Erick Thohir telah teruji sebagai pemimpin dengan berhasil merubah PSSI ke arah lebih baik. Sebab, kata Salahudin, telah banyak bukti konkret pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berhasil memajukan sepak bola Indonesia.

"Selama memimpin, saya melihat Erick Thohir ini hasilkan prestasi di PSSI yang semakin jelas dan dirasakan oleh publik," ujar Salahudin melalui keterangan tertulis, Kamis (21/9/2023).

"Sebagai Presiden Jokowi sangat percaya kepada Erick Thohir untuk bisa wujudkan harapan-harapan positif dalam membangun Indonesia, salah satunya dengan PSSI ini," pungkas Salahudin.

Diketahui sebelumnya, Erick Thohir berkomitmen dalam membangun Timnas Indonesia. Timnas Indonesia di semua kategori umur terbukti mampu mencatatkan prestasi membanggakan di berbagai kejuaraan.

Terbaru, Erick Thohir tengah mengupayakan meningkatkan kualitas pemain muda untuk Piala Dunia U-17 dan akan diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 pada 2025 mendatang.

Selain itu, bersama PSSI, Timnas Indonesia U-24 juga berhasil meraih kemenangan pertama dalam ajang Asian Games 2022 yang diadakan di Hangzhou, Cina dengan mengalahkan Kirgiztan dua gol tanpa balas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Catat Sejarah

Sebelum itu, Erick Thohir juga berhasil mencatatkan sejarah dengan berhasil mendorong Timnas Indonesia untuk lolos di putaran final Piala Asia U-23 2024.

Bahkan, Erick Thohir mengantarkan Timnas Indonesia U-22 mendapatkan medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023 lalu.

Tentu pencapaian kinerja dan prestasi ini mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya dari berbagai lapisan masyarakat termasuk Presiden Jokowi.

"Maka tak heran, orang nomor satu di Indonesia terus mempercayakan berbagai tugas kepada Erick Thohir untuk terus membangun Indonesia termasuk melalui sepak bola," tegas Salahudin.

Sebelumnya, Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSi Erick Thohir kembali menanggapi peluangnya untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Saya sudah sampaikan, percayalah kayak lagunya Afgan, kalau jodoh pasti bertemu. Itu aja kan," kata Erick, Rabu 20 September 2023, dikutip dari Antara.

Erick juga menjawab pernyataan yang menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menawarkan nama Erick Thohir untuk menjadi pendamping Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Saya tidak tahu. Saya tidak tahu dan saya tidak pernah disampaikan hal-hal tersebut. Yang saya tahu, kemarin Pak Prabowo sama Pak Jokowi ke Pindad. Saya cuma diinformasikan," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Sebut Komunikasi Semua Lancar

Erick mengatakan pernah menjalin hubungan dengan Prabowo dalam konteks kerja sama memberantas korupsi di lingkup BUMN Asabri yang bergerak di bidang asuransi sosial dan pembayaran pensiun khusus untuk Prajurit TNI, Anggota Polri, PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan Polri.

Menurut Erick, pemerintah sangat menginginkan adanya transformasi di industri pertahanan agar lebih mandiri di tengah situasi geopolitik global.

Erick mengatakan, Presiden Jokowi sudah pasti memosisikan dirinya sebagai pimpinan negara yang ingin memastikan Indonesia menjadi negara maju di tengah dinamika geopolitik dan ekonomi..

"Saya sudah sampaikan bahwa komunikasi saya dengan Ganjar, Prabowo, sejak awal berlangsung dengan baik, dan dengan Pak Anies juga (komunikasi) berlangsung dengan baik dalam konteks pekerjaan ya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.