Sukses

PAN Harap PKB Tetap Berada di Koalisi Indonesia Maju Dukung Prabowo

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi berharap, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih tetap di koalisi yang sama yakni, Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi berharap, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih tetap di koalisi yang sama yakni, Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Prabowo Subianto menjadi calon presiden (capres) bersama-sama dengan Golkar dan Gerindra.

"PAN berharap, agar PKB tetap dalam satu koalisi mendukung Pak Prabowo, satu koalisi bersama dengan Golkar, bersama dengan PBB, dan sebentar lagi Gelora," kata Viva saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, (1/9/2023).

Menurut dia, andai PKB tetap di KIM, maka bisa menambah kekuatan untuk pemenangan di Pilpres 2024. Namun demikian, partainya tidak bisa ikut campur mekanisme internal partai politik lain termaksud PKB.

"Partai-partai politik tentunya memiliki mekanisme, prosedur, tata cara, aturan, dan kepentingan sendiri-sendiri," jelas Viva.

Meskipun begitu, partai berlambang matahari putih itu tetap menghormati dan menyambut kedatangan PKB kembali, untuk tetap berada di KIM lagi bersama-sama mencapai tujuan yang sama.

"PAN menghormati apapun keputusan PKB, tapi PAN berharap agar PKB tetap dalam satu koalisi mendukung Pak Prabowo," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Rapat, PKB Terima Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhammad Hasanuddin Wahid mengumumkan hasil rapat finalisasi tawaran Partai Nasdem yang menggandengan bakal capres Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Hasilnya kami menerima pasangan calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar," ujar Muhammad Hasanuddin Wahid di Grha Gus Dur DPW PKB Jatim di Surabaya, Jumat (1/9/2023).

Selanjutnya, kata Hasan, berdasarkan rekomendasi dari para kiai menyampaikan bahwa Bismillah, Budal Gus. "Artinya Berangkat Gus, berangkat maju jadi cawapres," ucap dia.

Hasan menyebut, untuk langkah selanjutnya seperti deklarasi dan sebagainya akan diupdate atau disampaikan perkembangannya di kemudian hari.

Wakil Ketua Umum PKB Hanif Dhakiri sebelumnya menyebut, pihaknya menyambut baik tawaran Partai Nasdem yang menggandengan pasangan Capres Anies Baswedan dengan Cawapres Muhaimin Iskandar yang juga merupakan Ketua Umum PKB.

"Kami nanti akan finalisasi dari tawaran kerja sama Nasdem yang tadi pagi kami bahas. Sudah dibahas, prinsipnya kami menyambut baik tawaran kerja sama dari Nasdem," ujar Hanif di depan Kantor DPW PKB Jatim di Surabaya, Jumat (1/9/2023).

Hanif mengatakan, rapat yang membahas tawaran kerjasama NasDem tadi pagi, terjadi perdebatan yang masih lumayan alot. "Untuk itu, sore ini kami akan finalisasi termasuk dengan memperluas peserta yaitu dengan melibatkan para kiai," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.