Sukses

PAN Jadi Parpol Parlemen yang Usung Bacaleg Perempuan Terbanyak di Pemilu 2024

Intan Fauzi mengatakan, partainya menjadi salah satu parpol peserta Pemilu 2024 yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) perempuan terbanyak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bidang Penggalangan Suara Perempuan Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN Intan Fauzi mengatakan, partainya menjadi salah satu parpol peserta Pemilu 2024 yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) perempuan terbanyak.

Berdasarkan data KPU, PAN tercatat telah mendaftarkan 37,2 persen bacaleg perempuan dan tersebar di 84 wilayah Indonesia.

"Dari data KPU RI, caleg perempuan PAN tercatat 37,2 persen dan tersebar di 84 daerah pemilihan di Indonesia," kata Intan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, (31/8/2023).

Intan menyebutkan, terdapat 216 bacaleg perempuan dari total 580 bacaleg secara nasional. Artinya, PAN menjadi partai dengan persentase tertinggi yang menempatkan bacaleg perempuan ketimbang parpol lain yang ada di parlemen.

Selain itu, partai yang berlambang matahari itu juga menggelar deklarasi Perempuan Politik dengan 12 orang perwakilan perempuan ke panggung perayaan HUT Ke-25. Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen keberpihakan PAN terhadap kaum perempuan.

"Dalam pidatonya, Ketua Umum PAN Zulhas menegaskan kembali bahwa PAN sebagai partai inklusif memberikan kesempatan besar bagi kader perempuan," jelasnya. Dilansir dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Terbuka terhadap Kaum Perempuan

Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) organisasi sayap PAN itu, mengungkapan PAN juga sangat terbuka terhadap siapa pun kaum perempuan yang ingin terjun ke dunia politik dan memperjuangkan hak-hak perempuan.

Untuk itu, Intan berharap, dengan terwakilkan yang ditunjukkan oleh PAN ini dapat memotivasi perempuan Indonesia untuk lebih bergelora di dunia politik.

Sebagai informasi, saat ini PAN memiliki tujuh anggota legislatif perempuan yang duduk di parlemen, dua pimpinan di DPRD, bupati, dan wali kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.