Sukses

Soal Mahasiswa Pilih Anies Saat Ditanya Bupati dari PDIP, Sudirman Said: Indonesia Tengah Bersiap Sambut Era Baru

Sudirman Said menilai, jawaban para mahasiswa itu bukti bahwa Indonesua merindukan sosok pemimpin yang mewakili aspirasi mereka.

 

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Tim 8 Koalisi Perubahan, Sudirman Said menanggapi soal video mahasiswa baru Universitas Soedirman (Unsoed), Purwokerto, yang memilih Anies Baswedan saat ditanya Bupati Banyumas yang juga kader PDIP, Achsan Husein tentang pilihan Capres 2024.

Sudirman Said menilai, jika hal itu menjadi gejala alam yang tak terbendung agar adanya pemimpin baru di 2024 mendatang yang memberi harapan akan sebuah perbaikan.

"Sekali lagi membuktikan, ada gejala alam yang tak bisa dibendung. Keadaan sedang membentuk momentum untuk menyambut hadirnya Pemimpin baru, yang autentik dan memberi harapan bagi perbaikan," kata Sudirman Said, saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (9/8/2023).

Apalagi, kata Sudirman Said, Bupati Banyumas meminta agar mahasiswa baru itu menjawab dengan jujur siapa pemimpin yang dia pilih. Kejadian seperti itu sering muncul, dengan spontan, dan tampaknya akan semakin sering muncul lagi.

"Indonesia tengah bersiap menyambut era baru. Era yang mengedepankan Sains dan Etika Publik, dua hal yang selama hampir sepuluh tahun ini diabaikan," ucap dia.

Sudirman Said menilai, jawaban para mahasiswa itu bukti bahwa Indonesua merindukan sosok pemimpin yang mewakili aspirasi mereka.

"Respons spontan para siswa sekolah adalah refleksi kerinduan pada pemimpin yang mewakili aspirasi mereka," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Peristiwa mengejutkan terjadi dalam rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru Universitas Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Selasa (8/8/2023).

Ketika acara Soedirman Student Summit berlangsung, Bupati Banyumas yang juga kader PDIP, Achsan Husein bertanya kepada tiga mahasiswa tentang pilihan Capres 2024. Kompak ketiganya menjawab Anies Baswedan.

"Anies Baswedan Pak," jawab ketiga mahasiswa secara bergantian saat ditanya Achan Husein.

Potongan video acara itu diunggah oleh akun Twitter King Purwa. Video tersebut berdurasi 4 menit 42 detik.

"Mahasiswa kompak menjawab dengan jujur dari hati nurani yang paling hakiki bahwa @aniesbaswedan sebagai pilihan presiden di 2024 nanti, disambut gegap gempita dari mahasiswa yang lain. Medsos punya peran penting dalam memberikan informasi kepada mereka," tulis pemilik akun. Dikutip pada Rabu (9/8).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Mahasiswa Kompak Pilih Anies

Dalam video tersebut, awalnya Achsan Husein menanyakan kepada lima mahasiswa terkait prediksi kondisi Indonesia saat lima hingga 10 tahun mendatang.

"Kalau menurut saya lima tahun, 10 tahun keadaan Indonesia tergantung kita semua. Tergantung mahasiswa yang duduk di sini," kata salah satu mahasiswa.

Kemudian Achsan Husein menanyakan lebih lanjut perihal calon presiden pilihan mahasiswa.

"Kira-kira presidennya yang akan kamu jadikan pemimpin itu siapa? Jawab jujur enggak usah ragu-ragu. Saya ingin kejujuran yang hakiki, yang hakikat. Dari tiga, siapa yang akan memimpin Indonesia?" tanya Achsan Husein.

"Anies Baswedan Pak," jawab seorang mahasiswa yang berdiri di posisi ketiga dari kiri.

"Tidak masalah, tidak masalah, tidak masalah," ucap Achsan Husein.

"Sekarang saya tanya yang kedua, siapa yang akan memimpin Indonesia?" lanjut Achsan Husein.

"Anies Baswedan," ungkap mahasiswa yang berdiri di posisi kedua dari kiri.

"Tolong dijawab, siapa yang akan memimpin Indonesia?" tanya Achsan Husein kepada mahasiswa terakhir.

"Anies Baswedan," jawab mahasiswa tersebut disambut riuh seisi gedung.

"Tidak masalah, tidak masalah, tidak masalah. Ini adalah pilihan dari kalian bertiga. Walaupun beda pilihan dengan saya, kalian tetap akan menjadi ajudan milenial saya," ungkap Achsan Husein.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini