Sukses

Kala Adab Sandiaga Uno ke Mahfud Md Tuai Pujian Sesepuh Ponpes Buntet Cirebon

Sandiaga berkali-kali menolak dengan sopan kala diminta Mahfud Md berpidato di acara Haul Ponpes Buntet Cirebon. Sebab, Mahfud Md sudah lebih dulu berpidato.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menunjukkan gestur beradab kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

Dia hanya tersenyum dan menundukkan kepala saat menolak permintaan Mahfud Md naik ke atas mimbar. Peristiwa ini terjadi saat Sandiaga Uno dan Mahfud Md sama-sama menghadiri acara Haul di Pondok Pesantren (Ponpes) Buntet, Cirebon, Jawa Barat pada Sabtu (5/8/2023).  

Mahfud yang mengerti gestur tersebut lalu membalas senyum sembari tetap meminta Sandiaga Uno naik ke mimbar untuk berpidato. Namun, politikus PPP ini berulang kali meminta maaf dan menolak permintaan Mahfud Md dengan sopan.

Penolakan dilakukan Sandiaga bukan tanpa sebab. Berdasarkan aturan protokoler, apabila terdapat menteri yang lebih tinggi kedudukannya sudah berpidato, maka menteri yang kedudukannya lebih rendah tidak boleh menjadi penuntup. 

Menanggapi momen tersebut, KH Adib Rofiuddin Izza angkat bicara. Sesepuh Ponpes Buntet Cirebon itu pun memuji adab kedua menteri Jokowi itu yang dinilai sangat luar biasa. Dirinya lantas menutup acara dengan doa bersama.

"Hari ini ada dua menteri yang luar biasa hadir di sini. Pak Sandiaga Uno tidak berkenan memberikan sambutan karena ada atasannya Pak Mahfud, tapi Pak Mahfud menyuruh beliau, tapi tetep enggak mau. Saya tengah-tengahi, kita tutup dengan doa saja sekarang," ujar Kiai Adib seperti dikutip dari rekaman video, Minggu (6/8/2023).

Pernyataan KH Adib ini pun disambut keduanya dan para undangan serta santri yang hadir. Haul Ponpes Buntet, Mertapada Kulon, Astanajapura, Cirebon, Jawa Barat ini pun diakhiri dengan doa bersama ribuan masyarakat, termasuk para santri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandiaga Gandeng Ponpes Buntet Kembangkan Ekonomi Kreatif

Tak hanya momen bertemu dengan Mahfud dan bersilaturahmi dengan para ulama, Haul Ponpes Buntet Cirebon diakui Sandiaga Uno sangat berkesan. Dirinya melihat adanya geliat ekonomi masyarakat atas terselenggaranya acara tersebut. 

"Menggerakkan ekonomi, sampai satu kilometer ini luar biasa, para UMKM terberdayakan dan lapangan kerja tercipta, kita mengucapkan terima kasih kepada Pondok Pesantren Buntet Cirebon yang telah memberikan satu dampak yang luar biasa, keberkahan yang sangat dirasakan oleh masyarakat," ungkap Sandiaga.

"Pemerintah sangat mengapresiasi, terutama dari segi pergerakan pariwisata dan ekonomi kreatif," tambah dia.

Bersamaan dengan hal tersebut, dirinya akan menggandeng Ponpes Buntet Cirebon dalam program Santridigitalpreneur. Tujuannya, untuk mengembangkan usaha ekonomi kreatif para santri Ponpes Buntet Cirebon ke depannya.

"Jadi kami memiliki program Santridigitalpreneur Indonesia, ini yang nanti akan ada di pesantren seantero Nusantara, dan kita akan bermitra dengan Pondok Pesantren Buntet, tahun ini kita ada di 10 pesantren, tahun depan kita akan perluas dan mudah-mudahan bisa menjangkau juga Pondok Pesantren Buntet Cirebon," kata Sandiaga menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini